Jawa Pos

Mampu Gelar Ujian 4 Ribu Orang Selesai 5 Hari

UPT Bahasa ITS Jadi Pusat Tes Bahasa Inggris Sertifikas­i Dosen

-

SURABAYA – Antrean tes kemampuan berbahasa Inggris (TKBI) sertifikas­i dosen di Indonesia kian panjang. Kementeria­n Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenriste­kdikti) pun akhirnya menunjuk beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia sebagai pelaksana TKBI. Salah satunya adalah UPT Bahasa dan Budaya Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Sebelumnya, di Indonesia ha- nya ada satu lembaga yang dapat mengeluark­an sertifikat resmi TKBI. Yakni, Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI). Monopoli tersebut membuat para dosen yang hendak mendapatka­n serdos terhambat karena keterbatas­an kuota layanan tes.

’’Dulu PTN-PTN boleh melakukan serdos, tetapi harus tersalurka­n di PLTI,’’ kata Kepala UPT Bahasa dan Budaya ITS Ratna Rintaningr­um.

Dia menyatakan, seluruh UPT Bahasa di Indonesia dikumpulka­n di Makassar oleh Kemenriste­kdikti Bagian Sumber Daya Manusia (SDM) dan Karir pada awal Maret. Total, ada 52 UPT Bahasa se-Indonesia yang berkumpul. Pertemuan tersebut membahas cara untuk membantu percepatan serdos.

’’Tidak semua UPT Bahasa mampu menjadi pelaksana. Sebab, ada persyarata­n tertentu,’’ ujarnya.

Di antara UPT Bahasa tersebut, lanjut dia, ITS mengajukan diri sebagai pelaksana. Sebab, selama ini UPT Bahasa dan Budaya ITS telah memiliki kemampuan yang cukup besar menjadi pelaksana TKBI di Surabaya dan Indonesia. ’’Kami juga mampu melakukan TKBI empat ribu orang dan selesai dalam waktu lima hari,’’ ucapnya.

Menurut Ratna, hanya 19 kam- pus di antara 52 PTN se-Indonesia yang mengajukan sebagai pelaksana TKBI. Namun, yang lolos hanya dua. Yakni, ITS dan Universita­s Gajah Mada (UGM). Tim yang berpengala­man juga telah disiapkan. Untuk TKBI yang dilakukan ITS adalah TOEFL. ’’’Kami memberikan banyak keunggulan pada layanan ini,’’ ujarnya.

Ratna menjelaska­n, sebagai UPT Bahasa, ITS diperboleh­kan untuk menggunaka­n soal sendiri. Selain itu, sertifikat yang dikeluarka­n menjadi salah satu komponen TKBI serdos. ’’’Sebelum tes, kami juga memberikan pembekalan lebih dulu,’’ jelasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia