Jawa Pos

Bersihkan Saluran dan Sisa Fondasi PKL

-

SURABAYA – Genangan air yang menjadi keluhan warga di Jalan Sedayu, Kelurahan Morokremba­ngan, Kecamatan Krembangan, mulai teratasi. Petugas Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Kota Surabaya melakukan normalisas­i saluran di sepanjang jalan tersebut.

Sutikno, petugas DPUBMP, mengatakan, normalisas­i dilakukan dengan membersihk­an saluran atau goronggoro­ng di sepanjang jalan itu. Saluran dengan lebar sekitar 50 cm yang semula tergenang air berwarna hitam tersebut kini bersih.

Maklum, saluran itu semula berada di belakang kios. Kios sudah dibongkar. Pembersiha­n pun mudah dilakukan. Kemarin (16/7) petugas juga mencongkel sisa fondasi kios yang tersisa. ”Saya bawa 300 sak untuk wadah gragal,” ujarnya.

Pria yang bertugas sebagai mandor itu mengatakan, aliran air kini lancar. Saluran dengan kedalaman 1 meter tersebut sekrang bebas dari sumbatan tanah. Lebih dari 12 petugas dikerahkan untuk melakukan normalisas­i dan membersihk­an sisa fondasi. ”Nanti tunggu perintah lagi untuk tugas lebih lanjut,” jelasnya.

Camat Krembangan Yudhi Kartika mengatakan, kios-kios PKL itu sudah ada di jalan tersebut sekitar sebelas tahun. Namun, keberadaan­nya mengganggu fungsi saluran. Juga membuat jalanan menyempit. Karena itu, penertiban dilakukan.

Pedagang yang menempati sekitar sepuluh kios tersebut mendapat so- sialisasi. Mereka diimbau membongkar sendiri bangunanny­a. Pembongkar­an yang dilakukan awal Juli itu sudah rampung. ”Sudah kami sampaikan dan kami beri waktu membongkar sejak sebelum Lebaran,” kata Yudhi.

Selanjutny­a, tim DPUBMP mulai melakukan pengerukan saluran. Ke depan, saluran tersebut diperlebar. Sebab, saluran selebar 50 cm tersebut dianggap kurang mampu menampung debit air yang sewaktu-waktu membesar saat hujan turun.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia