Jawa Pos

Kloter Awal Kota Delta Berangkat Akhir Pekan

-

SIDOARJO – Calon jamaah haji (CJH) dari Jawa Timur mulai berangkat ke Tanah Suci pekan ini. Khusus CJH dari Sidoarjo baru mulai berangkat perdana pada akhir pekan mendatang. Ada 98 orang yang akan berangkat ke Tanah Suci di kelompok terbang (kloter) awal tersebut.

Jamaah lain bakal meyusul pada bulan berikutnya. ”Mayoritas CJH dari Sidoarjo berangkat 9 dan 10 Agustus,” kata Kepala Kemenag Sidoarjo Achmad Rofi’i kemarin (16/7).

Total CJH dari Kota Delta yang akan berangkat haji tahun ini sebanyak 2.527 orang. Mereka terbagi atas beberapa kloter. Mereka akan didampingi tim pemandu haji daerah (TPHD). Jumlahnya 16 orang. Rofi’i menyebutka­n, jumlah itu lebih sedikit daripada kuota yang ditentukan, yakni 20 orang.

Kasi Umrah dan Haji Kemenag Sidoarjo Rohmad Nasrudin menambahka­n, CJH yang berangkat akhir pekan mendatang bergabung dengan CJH dari kabupaten atau kota lain. Karena itu, jumlahnya tidak terlalu banyak. Hanya 98 CJH. ”Yang lengkap kloter semua dari Sidoarjo saat Agustus nanti,” katanya.

Jumlahnya mencapai 2.429 orang. Mereka terbagi atas kloter 70 sampai 74. Sekali berangkat, satu kloter CJH mencapai hampir 500 orang.

Saat ini, lanjut Nasrudin, para CJH yang berangkat awal telah mempersiap­kan diri dengan maksimal. Semua pembekalan sudah dilalui. Mulai pembekalan manasik hingga praktiknya. ”Semua sudah siap berangkat,” tegasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia