Jawa Pos

Sekolah Lagi, Macet Lagi

-

SIDOARJO – Setiap hari jalanan di Kota Delta memang selalu macet. Tapi, kemarin (16/7) kemacetan melebihi biasanya. Titik kepadatan tak hanya tampak di kawasan perkotaan, tapi juga meluas ke akses antardesa. Situasi itu tak lepas dari kembali normalnya aktivitas sekolah dan kemarin memang merupakan hari pertama masuk sekolah.

Kepadatan tersebut, misalnya, terlihat di Jalan Jenggolo dan Ahmad Yani. Di ruas jalan utama Sidoarjo itu memang berdiri beberapa sekolah. Dari pengamatan Jawa Pos, sepanjang pagi kemarin lalu lintas di Jalan Jenggolo yang mengarah ke kota tersendat. Antrean kendaraan cukup panjang. Penyebabny­a adalah banyaknya wali murid yang memarkir kendaraan di depan sekolah. Selain itu, mobilmobil berhenti menurunkan para siswa di depan sekolah.

Pemandanga­n serupa terlihat di Jalan Ahmad Yani, terutama di jalur dari selatan. Sama seperti di Jalan Jenggolo, di titik tersebut juga banyak kendaraan wali murid yang parkir atau berhenti di pinggir jalan. Kepadatan juga tampak di Jalan KH Mukmin. Di luar kawasan kota, antrean kendaraan juga terlihat di sejumlah ruas jalan. Misalnya di Jalan Raya Anggaswang­i, Sukodono.

Kepala Seksi Dalops Dinas Perhubunga­n (Dishub) Sidoarjo Arie Prabowo mengatakan, kepadatan jalan-jalan itu dipicu hari pertama masuk sekolah. Orang tua mengantar anaknya masuk sekolah. ”Sehingga volume kendaraan meningkat,” ucapnya.

Misalnya saja yang tampak di Jalan Jenggolo. Perempatan jalan itu memang kerap macet. Aktivitas naik turun penumpang serta parkir kendaraan menjadi pemicu. ”Kami sudah minta sekolah menyediaka­n lahan parkir. Selain itu, dilarang menaikkan dan menurunkan penumpang di depan sekolah,” katanya.

Arie menambahka­n, pemkab sebenarnya sudah menyediaka­n tempat menurunkan penumpang, yakni di area parkir alun-alun. ”Dekat dengan sekolah. Tinggal jalan,” tuturnya.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia