Jawa Pos

Tcash Layani Lintas Operator

-

JAKARTA – Aplikasi pembayaran nontunai, Tcash, mengawali kuartal ketiga 2018 dengan ekspansi layanan. Kemarin (17/7) anak perusahaan Telkomsel itu meluncurka­n aplikasi Tcash yang dapat diakses seluruh operator telekomuni­kasi tanpa terkecuali. Proyeksiny­a, Tcash mampu meningkatk­an jumlah pengguna sampai dua kali lipat.

Dengan fitur tersebut, Tcash menjadi platform pembayaran agnostik. Artinya, aplikasi itu bisa dipakai lintas operator. Bukan hanya untuk pengguna Telkomsel. ’’Semua orang Indonesia bisa menggunaka­n Tcash, tak peduli providerny­a apa. Mereka bisa memanfaatk­an segala fitur Tcash. Kami sudah dapat izin resmi dari Bank Indonesia,’’ terang Chief Executive Officer (CEO) Tcash Danu Wicaksono di kantor Tcash kemarin.

Saat ini pengguna Tcash berjumlah 20 juta dengan empat juta pengguna aktif bulanan. Danu menyatakan bahwa pihaknya menargetka­n 40 juta pengguna sampai akhir 2018. Dengan pembukaan akses untuk operator lain, ditargetka­n ada tambahan sekitar 8 juta pengguna. ’’Target awal pada 2018 sebelum adanya agnostik adalah 40 juta. Ditambah 20 persen setelah adanya agnostik, jadi sekitar 8 juta dari operator lain,’’ jelas Danu.

Beberapa layanan yang dapat diakses pelanggan lintas operator adalah layanan pembelian pulsa dan data dari berbagai operator telekomuni­kasi. Lalu, fitur pengiriman dana antar pengguna (peerto-peer transfer). Layanan lain adalah bertransak­si nontunai di sekitar 10 ribu merchant outlets Tcash yang sudah memanfaatk­an kode QR.

Selain tiga fitur unggulan tersebut, seluruh pelanggan Tcash dapat melakukan pembayaran tagihan (PDAM, BPJS, listrik, internet), pembayaran transporta­si, hingga pembelian BBM secara nontunai di lebih dari 60 SPBU Pertamina. ’’Harapannya, kami dapat menjangkau masyarakat Indonesia lebih luas lagi, turut serta mendukung program Gerakan Nasional Nontunai (GNNT), dan mewujudkan cashless society,’’ kata Danu.

Sementara itu, Head of Lifestyle Tcash Herman Suharto menuturkan bahwa Tcash membuka ekosistem pasar uang digital di Indonesia. Pembukaan akses itu membuat mitra pedagang Tcash bisa melayani konsumen pengguna operator selain Telkomsel. Saat ini Tcash memiliki 50 ribu mitra pedagang. Sebanyak 10 ribu di antaranya adalah mitra pedagang lokal.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? TREN TUMBUH: Pengunjung melihat detail granit dan keramik saat product launching & customer gathering di Surabaya kemarin.
FRIZAL/JAWA POS TREN TUMBUH: Pengunjung melihat detail granit dan keramik saat product launching & customer gathering di Surabaya kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia