Jawa Pos

Menyanyi dengan Latar Borobudur

Mariah Carey Tampil November

-

– Dalam hitungan 111 hari dari sekarang, tepatnya pada 6 November mendatang, Mariah Carey, 48, singgah ke Indonesia. Diva pop internasio­nal itu bakal tampil dalam Borobudur Symphony 2018 – Mariah Carey Live in Concert di Taman Lumbini, Candi Borobudur, Jawa Tengah.

Perhelatan tersebut menjadi suguhan istimewa. Peraih 5 Grammy Awards, 19 World Music Awards, 11 American Music Awards, dan 14 Billboard Music Awards itu akan membawakan lagu-lagu hitnya dengan latar keindahan arsitektur bernilai seni dan historis tersebut. Jarak panggung hanya sekitar 50 meter dari Candi Borobudur. ’’Penonton menghadap ke arah candi. Pertunjuka­n dimulai pukul 20.00 WIB, bakal sangat indah,’’ terang Palwoto, project director Borobudur Symphony 2018.

Dia menjelaska­n, panggung konser Carey berukuran 12 x 20 meter. ’’Untuk desain panggung, ada ’lidah’ yang memungkink­an Mariah Carey berinterak­si dengan penonton di sisi kiri kanan panggung,’’ ujarnya dalam sesi konferensi pers di gedung Kementeria­n BUMN, kawasan Medan Merdeka, Jakarta, kemarin (17/7).

Desain panggung untuk konser yang terselengg­ara berkat sinergi antarBUMN itu didukung tata pencahayaa­n 750 ribu watt. Sesuai untuk standar pertunjuka­n kelas dunia. Dari sekitar 7 ribu tiket yang disiapkan panitia, hingga saat ini lebih dari 60 persen tiket telah terjual. Tiket kelas festival sudah ludes. Begitu pula kelas superVVIP (on call) yang menyisakan beberapa lembar tiket.

Edy Setijono, direktur utama PT TWC (promotor konser), mengungkap­kan bahwa peminatnya bukan hanya penggemar Carey di Indonesia, tetapi juga negara-negara lain di Asia. Thailand termasuk yang paling banyak. Bahkan, ada yang berasal dari Swedia dan Spanyol. ’’Selain ingin menonton Mariah Carey, faktor lokasi di Borobudur itu menjadi daya tarik,’’ ungkapnya.

Bagaimana dengan riders Mariah Carey? Pelantun Hero dan We Belong Together tersebut akan memboyong big band serta dancer dari AS dengan total personel sekitar 25 orang. Sejauh ini, terang Palwoto, belum ada permintaan yang spesifik dan sulit dipenuhi. ’’Rasanya Carey sudah lebih matang, lebih bijak.

Nggak ada yang aneh-aneh,’’ katanya, lantas tersenyum.

Bahkan, manajemen Carey menyanggup­i pengajuan promotor untuk menghormat­i kultur masyarakat Indonesia agar mengenakan busana sopan ketika konser nanti. Promotor menawari Carey untuk mengenakan busana batik. ’’Tapi, poin itu belum dijawab,’’ ucapnya. Carey bakal membawakan lagu-lagu hitsnya sekitar dua jam.

Mengingat Candi Borobudur merupakan objek vital yang dikunjungi banyak orang setiap hari dengan luas mencapai 84 hektare, aspek keamanan dan akses sudah disiapkan. Palwoto memastikan, pada hari H konser, Candi Borobudur tetap dibuka seperti biasa.

Sebelumnya, Carey pernah datang ke Indonesia pada 2004. Ketika itu konser dihelat di Jakarta. Kedatangan kali ini tentu akan berbeda karena konser diadakan di venue istimewa, mahakarya Indonesia, Candi Borobudur.

 ?? MIKE NELSON/EPA ?? GLAMOR: Mariah Carey menghadiri Golden Globes pada Januari lalu. Pada November nanti, diva dunia itu menghelat konser di Borobudur.
MIKE NELSON/EPA GLAMOR: Mariah Carey menghadiri Golden Globes pada Januari lalu. Pada November nanti, diva dunia itu menghelat konser di Borobudur.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia