Jawa Pos

Dulu Administra­si, Sekarang Teknik Banyak Diminati

-

SURABAYA – Jumlah pencari kerja (pencaker) terus bertambah. Mereka pun memanfaatk­an agenda job fair untuk mencari informasi dan mengajukan lamaran pekerjaan. Aktivitas itu terlihat pada acara bursa lowongan kerja yang diadakan Disnaker Surabaya di Gedung Wanita Candra Kencana kemarin.

Agenda tersebut berlangsun­g hingga hari ini. Sebanyak 40 perusahaan menyediaka­n ratusan lowongan kerja dengan berbagai latar pendidikan.

Kabid Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja Irna Pawanti menyebut telah terjadi pergeseran lowongan kerja. Sebelumnya, mayoritas perusahaan mencari lulusan SMA. Kini, jebolan sarjana yang lebih banyak dicari. ’’Bahkan tidak sedikit perusahaan yang membutuhka­n tenaga profesiona­l melalui bursa kerja seperti ini. Seperti dokter dan apoteker,” katanya.

Sementara itu, jenis pekerjaan yang diburu juga bergeser. Dulu banyak pencaker yang mencari lowongan bidang administra­si. Sekarang paling banyak bidang teknik. ’’Hal ini menjadi pertanda bahwa bidang teknik sudah banyak diminati warga Surabaya. Bidang permesinan dan bangunan yang membutuhka­n,” ujar Irna.

Di sisi lain, kini pencarian lowongan dipermudah dengan melalui sistem online. Metode itu diterapkan sejak pertengaha­n 2018. Pencaker tinggal mendaftark­an diri melalui website. Begitu halnya dengan perusahaan yang membutuhka­n lowongan. Di situ tempat bertemunya pencari dan penyedia lowongan.

’’Agar lebih yakin, kami juga melakukan verifikasi antara penyedia dan pencari kerja. Dengan begitu, ada jaminan bahwa ini benar,” katanya.

 ?? ROBERT RISKY/JAWA POS ?? TAMBAH BANYAK: Pencari kerja di bursa kerja yang berlangsun­g di Gedung Wanita Candra Kencana, Jalan Kalibokor, kemarin.
ROBERT RISKY/JAWA POS TAMBAH BANYAK: Pencari kerja di bursa kerja yang berlangsun­g di Gedung Wanita Candra Kencana, Jalan Kalibokor, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia