Jawa Pos

Mr Bean Dikabarkan Mati Lagi

-

ENTAH mengapa, netizen

masih mudah tertipu dengan kabar-kabar kematian palsu para selebriti. Termasuk Rowan Atkinson, pemeran Mr Bean. Pria asal Inggris tersebut dikabarkan meninggal untuk kali kesekian. Terakhir, kabar itu muncul lagi kemarin.

Penyebaran pesan hoax tentang kematian Mr Bean itu tidak hanya beredar di kalangan netizen

dalam negeri. Pesan serupa juga banyak tersebar dari akun-akun medsos luar negeri. Dari yang berbahasa Inggris, India, Thailand, sampai Malagasy (bahasa Madagaskar).

’’R.I.P MR. ROWAN ATKINSON AKA MR. BEAN. January 6 1955July 17 2018. HAYS. WE LOVE YOU AND YOU WILL BE MISSED,’’ tulis fan page Facebook

R.I.P Mr Bean (fb.com/RIP-MrBean). Akun yang ngaku-ngaku

sebagai akun ofisial Mr Bean itu mengunggah berita kematian Atkinson disertai foto sebuah mobil yang ringsek.

Dari penelusura­n Jawa Pos lewat aplikasi Facebook Search, ternyata hampir tiap tahun hoax kabar kematian Mr Bean menyebar. Tercatat sejak 2012, kabar kematian palsu itu sudah menyebar. Bedanya, kebanyakan kabar kematian Mr Bean yang menyebar kemarin disertai link berita palsu. Link berita itu seolah-olah berasal dari breaking news dari Fox.

Kabar serupa (disertai link berita mencatut Fox News) pernah menyebar pada 2017. Isinya sama persis. Ketika itu, link berita tersebut mengarah ke halaman news.sharedtoda­ytv.com. Tapi, kini domain sharedtoda­ytv.com

sudah berstatus dijual oleh situs jual beli domain premium, New Venture Service.

Selain mencatut Fox News, hoax

kematian Mr Bean memanfaatk­an nama portal berita BBC. Seolaholah BBC membuat breaking news

dengan judul Mr Bean meninggal di usia 58 tahun akibat bunuh diri. Ketika link berita tersebut diklik, Anda akan diarahkan ke halaman T h e- E n ter t ain m e n t bebang. p r es s.

Situs T h e- E n ter t ain m e n t bebang. press maupun n e w s. s ha r e d t o da y t v. com sebenarnya hanya bagian dari clickjacki­ng. Yakni, teknik menipu seseorang untuk mengeklik sebuah situs. Penipuan itu biasanya menggunaka­n modus meminta user mengisi informasi rahasia. Baik dengan menginput e-mail maupun login dengan akun media sosial mereka.

Yang pasti, hingga kemarin, Mr Bean masih baik-baik saja. Mungkin yang hobi menyebarka­n kabar hoax tentang kematian Mr Bean perlu ditabrak dengan Mini Cooper.

 ?? WAHYU KOKKANG/JAWA POS ??
WAHYU KOKKANG/JAWA POS
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia