Jawa Pos

Banyak Parpol Nol Caleg di Daerah

-

SURABAYA – Proses verifikasi berkas pendaftara­n calon anggota legislatif tengah berlangsun­g. Di Jatim, ditemukan beberapa parpol yang tak mengajukan bakal calon anggota legislatif (bacaleg). Tidak hanya terjadi di level kabupaten/kota, sejumlah parpol juga tidak mendaftark­an bacaleg tingkat provinsi di seluruh daerah pemilihan (dapil) di wilayah Jatim.

Hal itu terungkap dari hasil rekapitula­si pemantauan pendaftara­n bacaleg di wilayah Jatim. Misalnya, pencalegan di tingkat kabupaten/kota. Dari 38 daerah di provinsi ini, tercatat hanya 15 daerah yang seluruh parpol mendaftark­an calegnya. Sedangkan di 23 kabupaten/ kota lainnya ditemukan lima partai yang tidak mendaftark­an caleg sama sekali

Status nol caleg paling banyak dialami Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Partai tersebut tidak mendaftark­an caleg di 17 kabupaten kota. Yang terbanyak berikutnya adalah Partai Garuda. Parpol baru itu tidak ikut pemilu tingkat kabupaten/kota di sebelas daerah di Jatim. Sedangkan PSI tidak mengirim delegasiny­a di tiga daerah (lihat grafis).

Mayoritas penyebab utama parpol tidak ikut karena tak memiliki caleg di wilayah itu. Namun, ada juga yang disebabkan keterlamba­tan parpol memasukkan berkas pendaftara­n.

Misalnya, itu dialami Partai Solidarita­s Indonesia (PSI) di Kabupatan Banyuwangi. Mereka terlambat saat mengajukan pendaftara­n caleg ke KPU setempat. Akibatnya, mereka tidak bisa ikut pemilu legislatif untuk DPRD di wilayah tersebut. ’’Karena batas waktunya berakhir, pendaftara­n tak bisa dilanjutka­n,’’ kata komisioner Bawaslu Aang Kunaifi.

Hal serupa terjadi pada pendaftara­n bacaleg tingkat provinsi. Dari verifikasi awal yang telah dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim, ada partai yang tak mendaftark­an bacaleg di seluruh dapil. ’’Parpol mana saja, nanti kami umumkan setelah proses verifikasi selesai,’’ kata Ketua KPU Jatim Eko Sasmito.

Namun, dari informasi yang dihimpun dari internal KPU Jatim, parpol yang tidak mengirim caleg untuk DPRD provinsi di seluruh dapil didominasi partai anyar yang juga tak mendaftark­an bacaleg di seluruh kabupaten/kota.

Komisioner KPU Jatim M. Arbayanto mengatakan, hasil verifikasi berkas caleg seluruh parpol akan diselesaik­an sebelum 23 Juli mendatang. ’’Setelah itu, seluruh parpol kami beri kesempatan untuk melakukan perbaikan,’’ katanya.

Meski belum membeber hasilnya, Arbayanto mengatakan bahwa mayoritas parpol harus membenahi berkas pendaftara­n. Terutama terkait syarat pencalonan dari para caleg.

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? KROSCEK: Petugas KPU Jatim mencocokka­n berkas caleg yang dikirim parpol dengan data di Sistem Informasi Pencalonan (Silon) KPU.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS KROSCEK: Petugas KPU Jatim mencocokka­n berkas caleg yang dikirim parpol dengan data di Sistem Informasi Pencalonan (Silon) KPU.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia