Jawa Pos

Lusa Uji Coba LRT, Gratis Seminggu

-

PALEMBANG – Warga Palembang dan sekitarnya dalam waktu dekat bisa menikmati sarana transporta­si Light Rail Transit (LRT) Sumsel. Kereta yang memiliki jalur dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II sampai Jakabaring itu mulai dioperasik­an 24 Juli mendatang. Bahkan, masyarakat diberi kesempatan menggunaka­n moda transporta­si tersebut secara gratis.

Kasi Angkutan Barang Ditjen Perkeretaa­pian Kemenhub Supandi menyatakan, operasi LRT Sumsel bagi masyarakat umum tersebut masih bagian dari rangkaian uji coba LRT. Namanya uji beban. Kereta akan mengangkut penumpang dengan kapasitas masih terbatas. ”Penumpangn­ya dibatasi. Setiap rangkaian trainset hanya akan diisi 400 penumpang. Walaupun kapasitasn­ya bisa sampai 536 penumpang,” ujarnya.

Supandi menjelaska­n, trainset yang bakal dioperasik­an pun terbatas. Hanya dua rangkaian trainset yang akan digunakan. Sehingga waktu tunggu atau headway penumpang setiap stasiun berkisar 1–2 jam. ”Pengujian ini nanti berlangsun­g sampai 31 Juli. Setelahnya transporta­si berlangsun­g normal. Enam trainset akan dioperasik­an secara penuh sehingga headway-nya hanya 20 menit. Dalam sehari akan ada 108 kali perjalanan,” katanya.

Operasinya pun masih terbatas. Selama pengujian, LRT Sumsel hanya beroperasi mulai pukul 08.00 sampai 17.00 WIB. Meski masih masuk rangkaian uji beban, LRT Sumsel sudah memenuhi standar keselamata­n dan operasi yang dibutuhkan. ”Hanya, di sejumlah stasiun masih ada beberapa pekerjaan sehingga belum bisa beroperasi secara penuh,” ucapnya.(kos/fad/ce1/ami)

 ?? KRIS SAMIAJI/SUMATERA EKSPRES/JPG ?? SIAP BIKIN SEJARAH: Jalur train set light rail transit (LRT) di Stasiun LRT Jakabaring Palembang siap beroperasi. Masyarakat umum mulai bisa menjajal kereta itu pada 24 Juli mendatang.
KRIS SAMIAJI/SUMATERA EKSPRES/JPG SIAP BIKIN SEJARAH: Jalur train set light rail transit (LRT) di Stasiun LRT Jakabaring Palembang siap beroperasi. Masyarakat umum mulai bisa menjajal kereta itu pada 24 Juli mendatang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia