Jawa Pos

Setelah Domestik, DFSK Incar Ekspor

-

JAKARTA – Produsen mobil asal Tiongkok cukup optimistis bermain di pasar otomotif Indonesia. Menyusul Wuling Motors yang masuk lebih dulu tahun lalu, PT Sokonindo Automobile sebagai agen pemegang merek otomotif Donfeng Sokon (DFSK) resmi meluncurka­n SUV Glory 580.

Perkenalan Glory 580 ke masyarakat Indonesia memang bukan kali pertama. Sebelumnya, mobil tersebut sudah dipamerkan di ajang Indonesia Internatio­nal Motor Show (IIMS) 2018. Jumlah surat pemesanan kendaraan (SPK) DFSK Glory 580 diklaim mencapai di atas 250 unit. ’’Belum seluruh diler resmi DFSK beroperasi. Tetapi, kami terus berupaya untuk mengirimka­n unit yang sudah dipesan pelanggan,’’ ujar Co-CEO PT Sokonindo Automobile (DFSK) Alexander Barus setelah peluncuran Glory 580 di Jakarta Kamis malam (19/7).

DFSK serius membidik kompetitor­kompetitor SUV yang menguasai pasar Indonesia. Sebab, dari kapasitas mesin yang diusung, DFSK kurang lebih memiliki varian yang sama dengan Honda All New CR-V, yaitu 1.800 cc dan 1.500 turbo. ’’Target penjualan DFSK tahun ini sekitar 5 ribu unit dan target produksi maksimal 50 ribu unit per tahun diharapkan terpenuhi pada lima tahun mendatang,’’ jelas Managing Director of Sales Center PT Sokonindo Franz Wang.

DFSK sudah memiliki pabrik di Indonesia yang berlokasi di Cikande, Banten. Nilai total investasin­ya USD 100 juta. Kapasitas produksiny­a 50.000 unit per tahun. Selain menjadi basis produksi di Indonesia, rencananya pabrik tersebut mengekspor kendaraan berjenis sport utility vehicle (SUV) dan mini pikap ke sejumlah negara Asia Tenggara pada awal 2019.

Sementara itu, pabrikan mobil Tiongkok lainnya, Wuling, membukukan penjualan 8.120 unit pada periode Januari–Juni 2018. Brand Manager Wuling Motors Dian Asmahani memaparkan, penjualan Wuling secara nasional memiliki tren yang positif setiap bulan. Mulai 927 unit pada Januari hingga 1.139 unit pada Juni. Kontributo­r terbesar penjualan adalah Wuling Confero sebesar 60 persen. Sisanya adalah Wuling Cortez.

Dian menuturkan, sejak pertama di-launching di Indonesia, pada Agustus 2017 hingga Juni 2018 Wuling mencatatka­n total penjualan 13.170 unit. ’’Dari angka tersebut, wilayah Jatim memegang peranan yang cukup penting terhadap penjualan kami. Jatim masuk posisi tiga besar di Indonesia, yaitu berkontrib­usi 8–10 persen,’’ tuturnya.

 ?? IMAM HUSEIN/JAWA POS ?? SIAP BERSAING: Dari kiri, Co-CEO PT Sokonindo Automobile Alexander Barus, President of PT Sokonindo Automobile Liu Changdong, brand ambassador Agnes Monica, Commission­er of PT Sokonindo Automobile Herman Jaya, dan CEO of PT Sokonindo Automobile Pang...
IMAM HUSEIN/JAWA POS SIAP BERSAING: Dari kiri, Co-CEO PT Sokonindo Automobile Alexander Barus, President of PT Sokonindo Automobile Liu Changdong, brand ambassador Agnes Monica, Commission­er of PT Sokonindo Automobile Herman Jaya, dan CEO of PT Sokonindo Automobile Pang...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia