Jawa Pos

Beban di Pundak Verstappen

Ricciardo Start Posisi Buncit

-

HOCKENHEIM – Ambisi Aston Martin-Red Bull untuk memberikan tekanan serius kepada Mercedes di GP Jerman akhir pekan ini berjalan sesuai rencana.

Pada sesi latihan bebas hari pertama tadi malam

(20/7), dua pembalap skuad Milton Keynes tersebut menguasai sesi pagi dan sore.

Pada free practice pertama (FP1), Daniel Ricciardo dan Max Verstappen menguasai tiga besar peraih waktu tercepat. Ricciardo menjadi yang tercepat setelah membukukan 1 menit 13,525 detik. Ricciardo yang menggunaka­n ban ultrasoft lebih cepat 0,04 detik dari superstar Mercedes Lewis Hamilton. Verstappen di posisi ketiga terpaut 0,189 detik.

Verstappen kemudian mempertaja­m catatan waktunya pada FP2. Dia membukukan waktu 1 menit 13,085 detik dengan menggunaka­n ban ultrasoft. Lebih cepat dari duo Mercedes di posisi 2-3. Hamilton terpaut 0,026 detik lebih lambat dan Valtteri Bottas 0,105 detik. Meski begitu, dia harap-harap cemas. Sebab, ada masalah pada mesinnya 20 menit sebelum FP2 berakhir.

’’Ada apa mesinku? Aku dengar suara-suara aneh,’’ ujar Verstappen terdengar mengeluh melalui radio.

Dua Mercedes menempel ketat Red Bull setelah menemukan setting yang pas untuk ban ultrasoft mereka. Hal itu tampak ketika membanding­kan catatan waktu tercepat saat menggunaka­n ban soft,

kemu-dian ultra-soft.

Dengan ban berpelipit­unguitu, Mercedes menambah kecepatan 0,2–0,3 detik per lap. Berbeda dengan Ferrari yang kesulitan mendapatka­n setting yang pas.

Ngomong-ngomong soal Ricciardo. Meski tampil cepat, pembalap Australia itu harus menghadapi balapan besok (22/7) dari posisi buncit. Hal itu dipastikan setelah dia harus mengganti sejumlah elemen utama.

Kemarin FIA memastikan RB14 milik Ricciardo telah mengganti MGU-K, kontrol elektronik, dan penyimpan energi. Semua suku cadang itu dibatasi tiga unit dalam semusim. Tiga pergantian tersebut masing-masing membawa penalti mundur 10 grid.

Kamis lalu (19/7), Red Bull memang menyatakan akan memasangka­n beberapa part baru pada mobil Ricciardo. Upgrade itu dilakukan untuk mempersiap­kan balapan berikutnya di Hungaria. So, akhir pekan ini Red Bull memang harus bertumpu banyak kepada Verstappen.

 ?? JUN QIAN/JAWA POS ?? SUDAH TENANG: Valtteri Bottas dipotret ketika keluar dari motorhome Mercedes di Hockenheim­ring kemarin. Dia memperpanj­ang kontrak dengan Mercedes.
JUN QIAN/JAWA POS SUDAH TENANG: Valtteri Bottas dipotret ketika keluar dari motorhome Mercedes di Hockenheim­ring kemarin. Dia memperpanj­ang kontrak dengan Mercedes.
 ??  ?? TERCEPAT: Pembalap Red Bull Max Verstappen untuk membukukan waktu tercepat pada FP2 di Sirkuit Hockenheim­ring tadi malam (20/7).
TERCEPAT: Pembalap Red Bull Max Verstappen untuk membukukan waktu tercepat pada FP2 di Sirkuit Hockenheim­ring tadi malam (20/7).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia