Jawa Pos

Sagan Menangi Rute Flat

-

VALENCE – Di rute yang relatif datar pada etape ke-13 Tour de France kemarin, raja sprinter Bora-Hansgrohe, Peter Sagan, tak terbendung. Dia memenangi bunch

sprint yang melibatkan puluhan pembalap di peloton terdepan. Ini menjadi kemenangan ketiga Sagan pada

Tour tahun ini.

’’Luar biasa. Ini etape flat dan semua pembalap tampak bisa menyimpan tenaga. Kurasa semua begitu senang bertarung di bunch karena etape ini cukup santai,’’ ucap Sagan. Dia sebelumnya memenangi Etape ke-2 dan 5. Hasil tersebut semakin mengukuhka­n posisi Sagan di puncak point classifica­tion sebagai penyandang green jersey.

Balapan tadi malam tidak lagi diikuti Vincenzo Nibali. Bintang Bahrain-Merida itu mundur dari sisa Tour de France. Tulang belakangny­a patah setelah mengalami kecelakaan di tanjakan Alpe d’Huez yang dialaminya pada etape ke-12 Kamis malam lalu (19/7). ’’Hasil

scan mengonfirm­asi apa yang kami khawatirka­n,’’ kata dokter tim Emilio Magni dikutip Tutto

biciweb kemarin. Nibali jatuh ketika lomba menyisakan 4 km. Namun, dia masih bisa kembali ke sepeda dan masuk finis di urutan ketujuh. Setelah itu, dia dibawa ke rumah sakit dengan menggunaka­n mobil. Helikopter tidak tersedia saat itu. Cedera Nibali termasuk golongan non-displaced fracture

(patah tapi tulang tidak bergeser dari tempatnya). Tapi, Magni memastikan bahwa juara Tour de France 2014 itu tidak bisa bersepeda selama 15 hari.

Dalam sebuah video amatir, tampak Nibali terjatuh karena tersenggol penonton yang sedang heboh menyemanga­ti para pembalap di jalur tanjakan menuju finis. Ketika jatuh, tubuh pembalap 33 tahun tersebut terpelanti­ng dan menghantam aspal sangat keras.

’’Jalanan menjadi menyempit dan tidak ada pembatas (sehingga penonton bisa masuk dengan bebas). Saat (Chris) Froome berakseler­asi, aku mengikutin­ya. Aku merasa nyaman. Lalu, tibatiba kami melambat dan aku terbanting ke aspal,’’ papar juara dua kali Giro d’Italia tersebut.

Sebelum terpaksa mundur dari Tour, kampiun Vuelta a Espana 2010 tersebut bertengger di posisi keempat general classifica­tion

(GC). Jarak dia hanya 2 menit 37 detik dari pimpinan GC. Peluang untuk finis di podium pada akhir Tour sangat terbuka. Nibali menjadi penan-tang GC kedua yang mundur dari Tour de France 2018. Sebelumnya, jagoan BMC Richie Porte mengalami patah tulang selangka akibat kecelakaan di etape ke-9.

 ?? KIM LUDBROOK/EPA-EFE ?? KEMENANGAN KETIGA: Peter Sagan melambaika­n tangan ketika memasuki garis finis etape ke-13 Tour de France di Valence tadi malam.
KIM LUDBROOK/EPA-EFE KEMENANGAN KETIGA: Peter Sagan melambaika­n tangan ketika memasuki garis finis etape ke-13 Tour de France di Valence tadi malam.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia