Jawa Pos

Sosialisas­ikan Bahan Pangan Pengganti Nasi

-

SURABAYA – Pada hari terakhir layanan orientasi sekolah (LOS) kemarin, puluhan siswa SMA dari Sekolah Citra Berkat keliling ke rumah-rumah warga Kendung, Kecamatan Benowo. Mereka menyosiali­sasikan penggunaan bahan pangan alternatif pengganti nasi. Sekalian jalan, mereka membersihk­an lingkungan di sepanjang jalan menuju kediaman warga.

Sejak pagi, 79 siswa menyiapkan kotak makan. Masing-masing kotak diisi jagung manis dan bermcammac­am umbi-umbian. Mereka dibagi menjadi tujuh kelompok. Mereka diharuskan masuk ke rumah warga dan berbincang. ”Singkong dan kentang juga bisa lho Bu pengganti nasi,” ucap Kezia Eunike Darmawan, salah seorang peserta LOS, kepada warga.

Dengan menggunaka­n bahasa Jawa, Kezia menjelaska­n kandungan gizi berbagai umbi-umbian. Menurut dia, selain nasi, ada bahan lain yang tentunya lebih murah. ”Singkong juga hasilkan energi lho Bu,” ujarnya. Kezia mengaku senang dengan kegiatan tersebut. Apalagi warga menyambut mereka dengan ramah. Saking ramahnya, dia dan temannya dibungkusk­an makanan. ”Rasanya seru banget ketemu warga sekitar,” ungkapnya.

Sukarni, salah seorang warga Kendung, mengaku sangat terbantu dengan keterangan para siswa. Pasalnya, Sukarni berusaha berhenti makan nasi karena terkena diabetes. ”Kalau pakai nasi, kadar gulanya tinggi,” ucapnya.

Koordinato­r kegiatan LOS Sekolah Citra Berkat Elita Kristinawa menjelaska­n, sosialisas­i tersebut melatih kepekaan siswa pada lingkungan sekitar.

 ?? WAHYU ZANUAR BUSTOMI/JAWA POS ?? BAGII ILMU: Siswa SMA dari Sekolah Citra Berkat mendatangi rumah warga satu per satu.
WAHYU ZANUAR BUSTOMI/JAWA POS BAGII ILMU: Siswa SMA dari Sekolah Citra Berkat mendatangi rumah warga satu per satu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia