Jawa Pos

Haul dan Sinau Bareng Cak Nun

-

DESA Petis Benem Kecamatan Duduksampe­yan kedatangan tokoh intelektua­l Indonesia Emha Ainun Nadjib atau yang akrab disapa Cak Nun pada acara Haul Sesepuh Desa Petis Benem pada Kamis (19/7). Acara yang dikemas menarik itu merupakan tradisi dan sudah menjadi agenda rutin setiap tahun.

Seperti yang diutarakan oleh Kades Petis Benem Mokhamad Nur Sahi, acara itu bisa menjadi semangat warga. ’’Kegiatan ini bisa jadi kebanggaan masyarakat desa, meningkatk­an semangat pemuda Dusun Petis, dan pastinya menjaga kerukunan antar-individu,” ujarnya.

Harapan tulus juga disampaika­n beliau pada malam itu. ’’Semoga Desa Petis Benem makin gemah ripah loh jinawi dan segala urusan dimudahkan Allah SWT,” imbuh beliau.

Cak Nun sebagai tamu malam itu juga berpesan kepada semua masyarakat bahwa tradisi seperti ini harus terus dilestarik­an. ’’Apa lagi, pemuda dan remaja desa sebagai generasi penerus yang harus meneruskan budaya daerahnya,” tuturnya.

Selain haul sesepuh desa acara malam itu juga dimeriahka­n dengan mengaji bersama dengan Cak Nun dan Kyai Kanjeng. Ada pelajaran berharga yang bisa dipetik dalam acara itu, salah satunya adalah mengenal leluhur desa seperti Mbah Buyut Pupon yang merupakan orang pandai. ’’Beliau itu merupakan santri Sunan Giri yang cerdik dan pintar. Semoga hal ini bisa menjadi suri tauladan dan pengingat bagi pemuda Desa Petis,” ujar H Kamran salah satu tokoh masyarakat.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia