Jawa Pos

Sarana Kurang, Sentra PKL Gajah Mada Belum Digunakan

-

SIDOARJO – Meski tuntas dibangun, sentra PKL Gajah Mada belum juga ditempati. Sebab, masih ada sejumlah fasilitas yang belum tersedia. Salah satunya, saluran air dan instalasi pengolahan air limbah (IPAL).

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sidoarjo Sigit Setyawan, dua sarana tersebut harus ada. Dia lantas menyebut IPAL. Fungsinya, menampung buangan pedagang. ’’Tidak mungkin minyak goreng dibuang di saluran air,’’ ucapnya. Dua sarana tersebut baru akan diusulkan pada perubahan anggaran keuangan (PAK). ’’Sentra PKL sudah dapat digunakan sebelum akhir tahun,’’ lanjutnya.

Permasalah­an lainnya, pemkab belum menunjuk organisasi perangkat daerah (OPD) yang bakal mengurus tempat itu. ’’Harus ada koordinato­rnya,’’ jelas Sigit. Setelah bangunan digunakan, dinas PUPR akan mengalihka­n tanggung jawab pemelihara­an ke OPD yang ditunjuk.

Sambil menunggu keputusan, kemarin (20/7) sejumlah OPD turun ke sentra PKL Gajah Mada. Yakni, satpol PP, dinas PUPR, dinas perindustr­ian dan perdaganga­n (disperinda­g), serta bagian perekonomi­an. Mereka bahu-membahu membersihk­an tempat tersebut sembari melihat fasilitas yang sudah tersedia. Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin juga berada di lokasi. Dia menyatakan, pemkab sudah mengeluark­an dana besar untuk membangun lahan tersebut. ’’Harus dioptimalk­an,’’ ungkapnya.

Kasatpol PP Widiyantor­o Basuki menuturkan, sebelum sentra PKL berjalan, pihaknya memiliki beberapa pekerjaan. Antara lain, melakukan sosialisas­i pada pedagang. Kegiatan itu sudah berjalan awal minggu lalu. ’’Pedagang mau ditempatka­n di sentra PKL,’’ katanya.

Kepala UPT Parkir Dishub Ferry Prasetiyo mengungkap­kan, pihaknya sudah menyiapkan lahan parkir tepi jalan. ’’Depan sentra PKL harus steril agar terlihat rapi,’’ katanya.

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? BELUM DITEMPATI: Sentra PKL Gajah Mada sudah selesai dibangun. Kemarin beberapa OPD berkumpul untuk membersihk­an fasilitas anyar tersebut.
BOY SLAMET/JAWA POS BELUM DITEMPATI: Sentra PKL Gajah Mada sudah selesai dibangun. Kemarin beberapa OPD berkumpul untuk membersihk­an fasilitas anyar tersebut.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia