Jawa Pos

Dua Jam Tilang 298 Pengendara

-

SIDOARJO – Dian Puspita terlihat kelabakan. Dia tidak menyangka bahwa ada razia lalu lintas di jalan yang dilaluinya kemarin (20/7). Warga Perumahan Istana Mentari itu terjaring operasi di timur GOR Delta Sidoarjo.

Remaja 16 tahun tersebut belum memiliki SIM. Dia hanya bisa pasrah saat diberi surat tilang oleh petugas. ’’Mau ke alun-alun,” ucapnya.

Dian bukan satu-satunya remaja yang mendapat surat tilang. Belasan pemuda yang masih duduk di bangku sekolah juga ditindak. Mayoritas belum mengantong­i lisensi berkendara.

Wakasatlan­tas Polresta Sidoarjo AKP I Gusti Made Merta menyatakan, razia itu merupakan bagian dari program Save Our Student (SOS). Selain rutin memberikan penyuluhan ke sekolah, pihaknya bakal kembali menggelar razia secara masif. ’’Ini baru langkah awal,” katanya.

Dalam operasi yang berlangsun­g selama dua jam itu, pihaknya melayangka­n 97 surat tilang. Jumlah tersebut belum termasuk penindakan di dua kawasan lain yang digelar bersamaan. Yakni, Jalan Raya Waru dan Jalan Raya Taman. ’’Total penindakan 298,” tuturnya.

Gusti menerangka­n, pengendara di bawah umur memang mendapat atensi polisi. Dia bersama jajarannya akan berupaya menekan ruang gerak mereka. ’’Bagi yang belum cukup umur, jangan membawa kendaraan sendiri,” ujarnya.

Petugas akan membagi waktu operasi menjadi dua. Yakni, pada jam berangkat dan pulang sekolah. ’’Instruksi dari pimpinan sudah jelas. Tidak ada ampun bagi pelajar yang membawa motor ke sekolah,” tegasnya.(edi/c18/ai)

 ?? EDI SUDRAJAT/JAWA POS ?? TAK BAWA SIM DITINDAK: Polisi memeriksa surat kelengkapa­n berkendara pemotor di timur kompleks GOR Delta.
EDI SUDRAJAT/JAWA POS TAK BAWA SIM DITINDAK: Polisi memeriksa surat kelengkapa­n berkendara pemotor di timur kompleks GOR Delta.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia