Jawa Pos

Cari Suasana Baru ke Sumbar

FK Unair Angkatan 70 Pilih Reuni ke Luar Jawa Timur

-

SURABAYA – Hijau dan menyegarka­n. Dua hal itu tebersit di pikiran dr Urip Murtedjo SpB saat berkelilin­g di Bukittingg­i, Sumatera Barat (Sumbar). Lahan-lahan pertanian yang luas terhampar memberikan sensasi baru. Urip dan kawan-kawan alumnus Fakultas Kedokteran Universita­s Airlangga angkatan 1970 tiba di Bukittingg­i, Sumatera Barat, sejak Kamis (19/7). ’’Ya, tujuannya memang refreshing setelah jenuh pada pekerjaan sehari-hari,’’ ucapnya.

Tidak hanya menikmati Kota Bukittingg­i, mereka penasaran dengan lokasi-lokasi terkenal di Sumatera Barat. Dibagi dalam dua bus, rombongan mengunjung­i Kelok Sembilan yang diapit Cagar Alam Air Putih dan Cagar Alam Harau. Para alumnus juga menjelajah­i Istana Basa atau yang sering disebut Istana Pagar Ruyung. Istana dengan desain bangunan adat Minangkaba­u itu tidak boleh luput jadi lokasi berfoto bersama. ’’Kami juga ke daerah kerajinan songket. Banyak hal kreatif di sini yang nggak saya temukan di Jawa Timur,’’ tambah Urip bersemanga­t.

Reuni ke luar kota semacam itu jadi agenda tahunan angkatan 70. ’’Biar nggak jenuh. Sehari-hari kan diisi operasi, ngajar. Cari suasana pedesaan kali ini,’’ ungkap dr Abu Rochiman SpMK, ketua alumni angkatan 1970. Tahun lalu mereka memilih berlibur bersama ke Bali dan tahun selanjutny­a berpindah kota. ’’Ini reuni belum selesai, pasti sudah pada minta tahun depan ayo ke mana,’’ tutur Abu, kemudian tertawa. Dia menyatakan, tidak sulit mengajak kawan kuliahnya untuk kumpul bareng. ’’Usia segini sudah ingin main-main ke manamana,’’ tambahnya.

Selain diputuskan bersama, lokasi reuni biasanya dipilih untuk mengunjung­i salah satu kawan. ’’Jadi, ada yang paham banget lokasinya karena domisili di sana,’’ jelas Urip. Dia mengatakan, ajang tersebut sangat penting untuk menjadi sarana silaturahm­i dengan rekan-rekan di seluruh Indonesia. ’’Sudah jadi orang, jadi wajib jaga silaturahm­i,’’ tuturnya.

Rombongan yang beranggota 65 orang tersebut selalu kompak mengenakan dress code yang sama. ’’Tiap agenda ada dress code sendiri. Kali ini jalan-jalan pakai biru,’’ jelas pria berusia 67 tahun tersebut. Hingga Minggu (22/7), mereka masih punya banyak lokasi terkenal untuk dikunjungi. Danau Maninjau, Desa Matur, dan Jembatan Siti Nurbaya sudah menanti kunjungan mereka.

 ?? URIP MURTEDJO FOR JAWA POS ?? ROMBONGAN BESAR: Para alumnus FK Unair angkatan 1970 berpose bersama saat berada di Bukittingg­i, Sumatera Barat, Kamis (19/7).
URIP MURTEDJO FOR JAWA POS ROMBONGAN BESAR: Para alumnus FK Unair angkatan 1970 berpose bersama saat berada di Bukittingg­i, Sumatera Barat, Kamis (19/7).
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia