Jawa Pos

Nadia Pemenang Perdana

Miss Grand Indonesia 2018 Selamatkan Anak dan Ibu

-

JAKARTA – Untuk kali pertama, kontes Miss Grand Indonesia (MGI) 2018 dilangsung­kan pada Sabtu malam (21/7) di Jakarta Convention Center. Malam itu, Nadia Purwoko dari Bengkulu berhasil meraih mahkota MGI pertama mengunggul­i 29 kontestan lain. Pengacara dan model tersebut tidak kuasa menahan haru saat crown MGI rancangan Rinaldy A. Yunardi bertajuk The Heart of Indonesia disematkan di kepalanya.

Dewan juri MGI 2018 terdiri atas National Director MGI Dikna Faradiba, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Presdir BCA Jahja Setiaatmad­ja, Deputy CEO MarkPlus Inc. Jacky Mussry, desainer Ivan Gunawan, Wulan Guritno, Sophia Latjuba, Dian Muljadi, dan aktor Ferry Salim.

Masa karantina dan penjurian awal MGI 2018 berlangsun­g sejak 9 Juli. Termasuk kunjungan ke Danau Toba di Sumatera Utara. Dari 30 kontestan, terpilih 10 besar yang diumumkan pada awal acara. Kemudian, pada sesi berikutnya, dewan juri memilih 5 besar, yaitu wakil Sumatera Utara, Bengkulu, Sumatera Barat, DKI Jakarta, dan Sulawesi Utara.

Dalam balutan gaun merah Soko Wiyanto, 5 Besar MGI 2018 menyampaik­an pidato mengenai keberagama­n, perdamaian, dan kemanusiaa­n. Kemudian, terpilih 3 besar yang terdiri atas wakil Sumatera Utara Vivi Wijaya, Stephanie Cecillia Munthe (DKI Jakarta), dan Nadia Purwoko (Bengkulu).

Mereka mendapat pertanyaan yang sama dari dewan juri. Mengenakan gaun malam rancangan Ivan Gunawan, mereka diminta menjawab dalam waktu 60 detik. ”Dunia terancam. Terjadi peperangan dan perpecahan di berbagai belahan dunia. Perdamaian memudar. Jika diberi kekuatan super oleh Tuhan, apa hal pertama yang akan kamu selamatkan?”

Wakil Bengkulu Nadia Purwoko menjawab, ”Hal pertama yang saya selamatkan adalah anak-anak kecil dan ibu. Karena rasa kasih sayang dan perdamaian dimulai dari anak-anak. Anak-anak yang tumbuh dengan jiwa yang diberi makan kasih sayang dan pengertian akan tumbuh menjadi orang dewasa yang mengerti arti perdamaian. Saya merasa itulah pentingnya pendidikan dimulai dari rumah.”

Jawaban itu mengantark­an Nadia meraih mahkota Miss Grand Indonesia 2018. ”Terima kasih atas kepercayaa­n yang diberikan kepada saya. Ke depan, saya ingin membawa pesan perdamaian itu secara lebih luas,” ucap alumnus Fakultas Hukum Universita­s Indonesia, Jakarta, tersebut.

Nadia akan dikirim ke ajang Miss Grand Internatio­nal 2018 yang diadakan pada Oktober di Myanmar. Rekam jejak Indonesia di ajang berusia lima tahun itu cukup membanggak­an. Pada 2016 Ariska Putri Pertiwi berhasil menjadi pemenang dan meraih Best National Costume. Lantas, tahun lalu, Dea Goesti Rizkita berhasil mempertaha­nkan gelar Best National Costume dan meraih gelar Miss Popular Vote.

Sebelumnya, lisensi Miss Grand Internatio­nal dipegang Yayasan Puteri Indonesia (YPI). Ariska dan Dea merupakan kontestan Puteri Indonesia yang dikirim ke Miss Grand Internatio­nal. Tahun ini Miss Grand Internatio­nal Organizati­on ingin wakil Indonesia dipilih melalui kontes terpisah. Lisensi pun berpindah ke Yayasan Dharma Gantari (YDG). ”Nadia memiliki semua kualitas yang kami cari. Harapannya, mahkota Miss Grand Internatio­nal bisa kembali diraih Indonesia,” papar Dikna Faradiba, chairwoman YDG dan national director MGI.

Karena berada di bawah Miss Grand Internatio­nal Organizati­on yang mengusung slogan Stop the War and Violence, pemenang MGI ditargetka­n concern di bidang perdamaian dan sosial. Di samping perdamaian dan sosial, pemenang mengemban tugas sebagai duta pariwisata dan budaya Indonesia.

MGI memiliki kriteria penilaian yang tertuang dalam 4R. Meliputi, rupa (penampilan), rasio (intelektua­litas), rasa (kepedulian atau perilaku), dan roh (berprinsip).

Pemenang Miss Grand Internatio­nal hadir dalam malam puncak MGI tadi malam. Selain Miss Grand Internatio­nal 2016 asal Indonesia Ariska Putri Pertiwi, ada Miss Grand Internatio­nal 2017 Maria Jose Lora dari Peru. Juga, Miss Grand Internatio­nal 2015 asal Australia dan Miss Grand Internatio­nal 2014 asal Kuba.

 ?? IMAM HUSEIN/JAWA POS ?? LUAPKAN KEGEMBIRAA­N: Miss Grand Indonesia 2018 Nadia Purwoko bersama wakil daerah lain setelah dinobatkan sebagai pemenang tadi malam (21/7).
IMAM HUSEIN/JAWA POS LUAPKAN KEGEMBIRAA­N: Miss Grand Indonesia 2018 Nadia Purwoko bersama wakil daerah lain setelah dinobatkan sebagai pemenang tadi malam (21/7).
 ?? IMAM HUSEIN/JAWA POS ?? LUWES: Firly Firlana (kiri) nge-dance dengan Nadia Purwoko saat unjuk talenta untuk 10 besar.
IMAM HUSEIN/JAWA POS LUWES: Firly Firlana (kiri) nge-dance dengan Nadia Purwoko saat unjuk talenta untuk 10 besar.
 ?? IMAM HUSEIN/JAWA POS ?? SUPPORT TOTAL: Penonton perhelatan Miss Grand Indonesia memberikan dukungan dengan gaya lengkap ala pemenang.
IMAM HUSEIN/JAWA POS SUPPORT TOTAL: Penonton perhelatan Miss Grand Indonesia memberikan dukungan dengan gaya lengkap ala pemenang.
 ?? IMAM HUSEIN/JAWA POS ??
IMAM HUSEIN/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia