Jawa Pos

Susun Raperda Kesejahter­aan Para Atlet

-

SIDOARJO – Kota Delta termasuk gudang atlet berprestas­i. Baik tingkat regional, nasional, maupun internasio­nal. Nah, kalangan DPRD Sidoarjo berharap pemkab ke depan turut menjamin masa depan para atlet berprestas­i. Wujud jaminan itu tengah digodok dan dirumuskan dalam peraturan daerah (perda).

Menurut Ketua Komisi D DPRD Sidoarjo Usman, pihaknya tengah membuat raperda tentang penyelengg­araan keolahraga­an di Sidoarjo. Raperda tersebut bertujuan menata segala sesuatu terkait keolahraga­an. Termasuk bagaimana peran para atlet yang turut membawa harum nama Sidoarjo agar betul-betul dioptimalk­an. Selain itu, mengatur para atlet agar mempunyai kepastian masa depan setelah tidak menjadi atlet.

’’Bisa dalam bentuk lapangan pekerjaan bagi mereka setelah purna atau tidak menjadi atlet lagi,’’ tutur Usman. Alternatif­nya bisa bekerja di BUMD. Apakah menjadi tenaga kontrak atau mengangkat mereka sebagai pegawai non-PNS.

Raperda itu juga akan mengatur reward yang harus diterima atlet atas prestasiny­a. Misalnya, besaran penghargaa­n sesuai prestasi yang diraih.

Rencana raperda itu mendapat apresiasi dari sejumlah kalangan. Salah satunya Kepala SMK Antartika 2 Sidoarjo Imam Jawahir. Dia mengatakan, jumlah atlet asal Kota Delta tidak sedikit. Prestasiny­a pun tidak main-main. Murid sekolahnya saja beberapa kali menang dalam kejuaraan nasional hingga internasio­nal.

Imam menambahka­n, jaminan itu juga akan membuat anak-anak semakin tertarik untuk menjadi atlet.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia