Jawa Pos

Serentak Tetapkan Gubernur-Wakil Gubernur Terpilih

-

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) di daerah-daerah serentak menetapkan pasangan gubernur dan wakil gubernur terpilih kemarin (24/7). Penetapan dilakukan kepada para pasangan calon terpilih yang perolehan suaranya tidak disengketa­kan. Kini mereka tinggal menunggu pelantikan yang sudah dijadwalka­n Kementeria­n Dalam Negeri.

Misalnya, di Jatim. Tadi malam rapat pleno KPU Jatim menetapkan pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak sebagai gubernur dan wakil gubernur terpilih. Namun, jadwal pelantikan masih jauh, mengingat masa jabatan gubernur Jatim saat ini berakhir tahun depan (lihat grafis).

Hal yang sama dilakukan KPU Jateng. Karena tidak ada sengketa hasil pemungutan suara pilgub Jateng yang diajukan ke MK, pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin ditetapkan sebagai gubernur dan wakil gubernur terpilih. Demikian juga di Jawa Barat, KPU setempat menetapkan pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum sebagai gubernur dan wakil gubernur Jabar periode 2018–2023.

Saat dimintai konfirmasi, Komisioner KPU Ilham Saputra membenarka­n bahwa penetapan kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih dilakukan secara serentak kemarin. ’’Yang ditetapkan itu selain yang (hasil pilkadanya, Red) disengketa­kan,’’ terangnya.

Senin lalu (23/7) sebenarnya Mahkamah Konstitusi (MK) meregistra­si 70 gugatan perselisih­an hasil pilkada serentak 2018. Namun, tidak ada satu pun sengketa untuk tiga pilgub di Jawa (Jabar, Jateng, dan Jatim).

Salah satu yang disengketa­kan adalah pilwali Makassar. Paslon Munafri Arifuddin-Rachmatika Dewi Yustitia Iqbal menggugat kemenangan kolom kosong. Padahal, selisih suaranya 6,46 persen dari total suara sah. Rencananya, persidanga­n dilakukan secara maraton selama dua hari mulai besok (26/7).

Selanjutny­a, nasib para kepala daerah terpilih akan diserahkan kepada pemerintah. Para bupati dan wali kota terpilih bakal dilantik gubernur di ibu kota provinsi. Sementara itu, gubernur dan wakil gubernur terpilih akan dilantik presiden di Istana Negara Jakarta. Rencana awal, para gubernur dan wakil gubernur terpilih bakal dilantik dalam empat gelombang.

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? SAH: Khofifah Indar Parawansa (tiga dari kiri) menerima SK penetapan sebagai gubernur Jatim terpilih dari KPU Jatim di Hotel Wyndham, Surabaya, tadi malam (24/7).
DITE SURENDRA/JAWA POS SAH: Khofifah Indar Parawansa (tiga dari kiri) menerima SK penetapan sebagai gubernur Jatim terpilih dari KPU Jatim di Hotel Wyndham, Surabaya, tadi malam (24/7).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia