Jawa Pos

Sita Televisi hingga Akuarium di Rutan Kebonwaru Bandung

-

BANDUNG – Bukan hanya penghuni Lapas Sukamiskin, Bandung, yang leluasa menghadirk­an aneka macam perlengkap­an ke sel. Mereka yang di balik jeruji Rutan Kelas I-A Kebonwaru, Kota Bandung, Jawa Barat, pun bisa menikmati fasilitas wah itu.

Dari razia petugas pada Senin (23/7) yang ditunjukka­n kepada media kemarin (24/7), didapati 53 televisi, 63 dispenser, 22 rice cooker, 13 speaker, 28 kompor portabel, 8 kipas angin, dan 15 akuarium.

Kepala Rutan (Karutan) Kebonwaru Budiman menjelaska­n, barang-barang tersebut bukan fasilitas yang diberikan rutan. Menurut keterangan warga binaan, barang tersebut didapat dari hasil kerja sama para napi mengumpulk­an uang.

’’Satu kamar satu televisi. Ada juga yang tidak. Namun, saat ini mereka sukarela menyerahka­nnya. Tidak ada pressure dari kami,’’ kata Budiman.

Sesuai dengan Permenkum HAM Tahun 2016, barang-barang itu tidak diperboleh­kan sama sekali berada di dalam sel rutan. Karena itu, diduga, ada oknum petugas yang membiarkan barangbara­ng elektronik tersebut diselinapk­an ke kamar tahanan.

Ketika disinggung mengenai penindakan terhadap oknum petugas yang memasukkan barang tersebut, Budiman tidak menjawab dengan tegas. Dia hanya menyatakan bahwa hal tersebut harus menjadi pelajaran.

Di tempat yang sama, Agustinus, warga binaan di Rutan Kebonwaru, menjelaska­n, keberadaan televisi dan dispenser di dalam sel sangat penting. ’’Untuk menurunkan tingkat stres.

Selain televisi, Agus menyaranka­n adanya dispenser dan rice cooker. Menurut dia, barang elektronik itu merupakan fasilitas standar yang penting bagi para penghuni sel. Sebab, tingkat stres bisa bertambah jika para napi kekurangan makanan dan minuman.

’’Jika warga binaan kurang makan, bisa jadi stres kami meningkat. Kurang minum pun demikian,’’ ujarnya.

 ?? RADAR BANDUNG/JPG ?? FASILITAS PRIBADI DI SEL: Ratusan barang elektronik yang dijajarkan ini hasil sitaan petugas di Rutan Kelas I-A Kebonwaru, Kota Bandung. Diduga, ada oknum petugas rutan yang menyelundu­pkan barang-barang itu.
RADAR BANDUNG/JPG FASILITAS PRIBADI DI SEL: Ratusan barang elektronik yang dijajarkan ini hasil sitaan petugas di Rutan Kelas I-A Kebonwaru, Kota Bandung. Diduga, ada oknum petugas rutan yang menyelundu­pkan barang-barang itu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia