Jawa Pos

Pasar Otomotif Premium Tetap Tumbuh

-

JAKARTA – Pasar otomotif premium tidak banyak terdampak pada kondisi ekonomi eksternal yang sempat bergejolak. Pelaku otomotif percaya diri mengeluark­an produk baru seiring dengan spending konsumen kelas menengah ke atas untuk membeli kendaraan premium yang tetap terjaga.

Kemarin (24/7) PT BMW Indonesia merilis dua produk anyar, yakni BMW 6 Series Gran Turismo dan BMW 5 Series Touring. Dua produk tersebut diluncurka­n karena BMW melihat tren yang cukup positif sepanjang semester I. Ditambah dengan kehadiran ajang Gaikindo Indonesia Internatio­nal Auto Show (GIIAS) 2018 bulan depan.

BMW tidak menjelaska­n detail target penjualan per unit. Namun, mereka tetap optimistis pada target awal, yakni 3.500 unit sampai akhir tahun. ’’Sampai Juni, kami tumbuh 14 persen. Volumenya 1.346 unit,’’ ujar Vice President of Sales BMW Indonesia Bayu Riyanto ditemui di acara peluncuran kemarin. Kontributo­r utama penjualan BMW di Indonesia, antara lain, BMW Seri 3, X1, X5, dan Seri 5.

Ekonomi yang tidak cukup stabil sepanjang semester I, menurut Bayu, tidak berpengaru­h signifikan terhadap permintaan produk di kelas premium. ’’Berdampak secara psikologis konsumen mungkin iya, tapi tidak tecermin signifikan di catatan penjualan,’’ ungkapnya.

Lantas, bagaimana pengaruh USD terhadap lini produksi? Vice President of Corporate Communicat­ions BMW Group Indonesia Jodie O’tania juga menuturkan bahwa hal itu tidak berdampak banyak. Sebab, BMW lebih mengacu pada mata uang euro. Hanya sedikit transaksi yang menggunaka­n dolar AS, termasuk produk yang dirakit di dalam negeri. Dengan demikian, tidak berdampak pada cost produksi atau penyesuaia­n harga produk.

’’Penyesuaia­n harga selalu ada setiap tahun. Tapi, kalau berkaitan dengan dolar naik, kami tidak ada,’’ terang Jodie.

BMW Indonesia justru optimistis menggelont­orkan investasi lebih banyak di tanah air. Pada kesempatan sebelumnya, BMW mengumumka­n bahwa mereka menambah investasi di lini produksi sampai Rp 20 miliar.

’’Tren kendaraan BMW semakin meningkat. Karena itu, investasi yang diberikan tahun ini sekitar Rp 20 miliar atau Rp 270 miliar sejak 2011,’’ jelas Jodie.

Selain untuk modernisas­i lini produksi, investasi Rp 20 miliar digunakan untuk memproduks­i All New BMW X3.

 ?? RAKA DENNY/JAWAPOS ?? TREN POSITIF: Tampilan BMW 6 Series Grand Turismo yang diluncurka­n kemarin (24/7).
RAKA DENNY/JAWAPOS TREN POSITIF: Tampilan BMW 6 Series Grand Turismo yang diluncurka­n kemarin (24/7).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia