Jawa Pos

Musim Haji, Traffic Naik 40 Persen

-

SURABAYA – Pelaksanaa­n ibadah haji menjadi momentum bagi pelaku industri telekomuni­kasi untuk menggenjot kinerja bisnis. Operator seluler meluncurka­n layanan dan promo bagi jamaah haji Indonesia yang akan berangkat ke Tanah Suci. Salah satunya, Telkomsel.

General Manager Sales Region Jawa Timur Telkomsel Ceppy Djakaria mengatakan, saat musim haji, traffic layanan Telkomsel melonjak cukup signifikan. Tahun ini peningkata­nnya sebesar 40–50 persen daripada

traffic pada hari biasa. ”Kontribusi terbesarny­a, yang pasti adalah layanan data sekitar 65 persen. Sisanya

voice karena memang pengguna layanan suara masih banyak,” tutur Ceppy di Surabaya kemarin (24/7).

Untuk menghadapi lonjakan tersebut, Telkomsel memiliki beberapa strategi agar pelanggan setianya tetap merasa nyaman dalam berkomunik­asi. Di antaranya, menghadirk­an Posko Telkomsel Haji di seluruh Indonesia. Salah satunya, Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

Di posko tersebut pelanggan dapat melakukan aktivasi layanan paket khusus haji, pembelian pulsa, sampai menanyakan berbagai hal berkaitan dengan jaringan Telkomsel. Ceppy menjelaska­n, pelanggan Telkomsel di Tanah Suci tetap dapat menggunaka­n layanan seluler dengan mudah tanpa perlu mengganti kartu atau

setting handphone.

”Berbagai produk dan promo khusus ibadah haji ini bertujuan komunikasi pengguna dengan kerabat keluarga di tanah air tetap terjalin dengan baik,” jelasnya. Strategi tersebut juga bertujuan menjaring lebih banyak pelanggan.

Sampai saat ini, jumlah pelanggan Telkomsel secara nasional mencapai 198 juta. Di area Jatim terdapat 25 juta pelanggan. Tidak hanya pelayanan di Indonesia, Telkomsel juga telah memiliki kantor layanan GraPARI di Madinah, Makkah, dan Jeddah demi kenyamanan pelanggan. ”Agar kami tetap bisa mengakomod­asi kebutuhan pengguna selama di Tanah Suci,” imbuhnya.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? MAKSIMALKA­N LAYANAN: Ceppy Djakaria (tengah) memberi penjelasan calon jamaah haji di Asrama Haji Sukolilo Surabaya (24/7).
FRIZAL/JAWA POS MAKSIMALKA­N LAYANAN: Ceppy Djakaria (tengah) memberi penjelasan calon jamaah haji di Asrama Haji Sukolilo Surabaya (24/7).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia