Jawa Pos

Yang Meninggal Akan Dibadalhaj­ikan

-

MADINAH – Calon jamaah haji (CJH) yang wafat di Tanah Suci bertambah lagi. Kemarin CJH dari embarkasi Solo yang bernama Siti Aminah Rasyip meninggal karena komplikasi penyakit hipertensi.

Dengan demikian, hingga kemarin sudah lima CJH yang berpulang sebelum melaksanak­an rukun haji. Sesuai data Panitia Penyelengg­ara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, lima CJH yang wafat tersebut merupakan akumulasi dari kedatangan pertama pada 17 Juli hingga kemarin (24/7). Mereka berasal dari embarkasi yang berbeda (lihat grafis).

Lima CJH itu memiliki riwayat penyakit bawaan sejak di Indonesia. Sesuai ketentuan, Kemenag akan membadalha­jikan CJH yang wafat di Tanah Suci maupun di asrama haji. Kemenag juga siap membadalha­jikan CJH yang sudah sampai Makkah tapi tak sanggup melakukan wukuf di Arafah karena faktor kesehatan. Pihak keluarga tidak perlu mengeluark­an biaya lagi karena proses badal haji ditanggung pemerintah.

Sebagai bukti, pemerintah akan

menyerahka­n sertifikat badal haji kepada keluarga CJH. ”Kami (Kemenag, Red) yang akan mengurus badal hajinya,” terang Kepala Seksi Media Center Haji Daerah Kerja Madinah Irfan Sembiring.

Sementara itu, mulai besok (26/7) sebagian CJH di Madinah akan diberangka­tkan ke Makkah. Kemarin para petugas kloter sibuk mengecek dokumen perjalanan. Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah Muhammad Khanif mengatakan, pengecekan dilakukan untuk mencocokka­n dokumen dengan rombongan. Dia menjelaska­n, rombongan pertama sebenarnya akan diberangka­tkan pada 25 Juli malam, setelah salat Magrib. Namun, pemerintah Arab Saudi melarang rombongan bus berangkat malam. ”Supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya, sopir mengantuk,” katanya.

Perjalanan ke Makkah diperkirak­an memakan waktu sekitar lima jam. Jumlah bus yang dikerahkan akan disesuaika­n dengan jumlah jamaah dalam satu kloter. ”Satu bus rata-rata bisa diisi 40–50 orang,” tutur dia.

Kepala Daker Makkah Endang Jumali siap menerima kedatangan CJH dari Madinah. Dia mengatakan, ada lima kloter yang akan datang pada 26 Juli.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia