Jawa Pos

Olah Daun Semanggi Jadi Kue Lapis

-

SURABAYA – Daun semanggi tidak hanya bisa diolah menjadi semanggi Surabaya. Daun tersebut juga dapat diubah menjadi kue lapis yang enak. Di tangan suami istri By Okvlielyne dan Julio Timotius, semanggi dipadukan dengan cokelat dan keju sehingga menjadi kudapan yang disukai banyak orang. Buktinya, banyak yang repeat order. Omzet mereka pun terus naik dari bulan ke bulan.

Daun semanggi yang dipakai berbentuk bubuk. Ayen, sapaan By Okvlielyne, tidak mengolahny­a sendiri. Perempuan yang tinggal di Bukit Palma itu disuplai rekannya sesama UMKM (usaha mikro, menengah, dan kecil) di Kecamatan Pakal. Resepnya hampir sama dengan kue lapis biasa, tetapi ditambah bubuk daun semanggi. Baik di dalam adonan maupun ditaburkan di bagian atas kue lapis.

’’Saya pilih kue lapis karena itu khas Surabaya,’’ katanya ketika ditemui kemarin. Awalnya, dia tidak mempunyai kemampuan untuk membuat kue. Saat dia dan suami sama-sama keluar dari pekerjaan dan memilih berwirausa­ha pada 2015, mereka fokus pada jualan cendol susu. Setelah bergabung dengan program Pejuang Muda oleh Pemkot Surabaya, dia ditawari ikut kursus bikin kue. ’’Tanpa pikir lama, saya iyakan saja,’’ ucapnya.

Dalam pelatihan itu, dia dituntut menghasilk­an sebuah produk yang bisa mengangkat bahan lokal khas Surabaya. Dia memilih berinovasi dengan semanggi karena lingkungan­nya penuh dengan bahan tersebut. Setelah berkali-kali melakukan uji coba, dia bisa menciptaka­n kue lapis semanggi yang kali pertama dijual pada November 2017. Ternyata pasar suka. Omzetnya merangkak hingga kini mencapai Rp 8 juta per bulan.

 ?? GUSLAN GUMILANG /JAWA POS ?? KREATIF: By Okvlielyne menambahka­n taburan bubuk daun semanggi untuk garnis kue lapis bikinannya.
GUSLAN GUMILANG /JAWA POS KREATIF: By Okvlielyne menambahka­n taburan bubuk daun semanggi untuk garnis kue lapis bikinannya.
 ?? GUSLAN GUMILANG /JAWA POS ??
GUSLAN GUMILANG /JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia