Jawa Pos

Sertifikat Tanah untuk Berdayakan Ekonomi Desa

-

GRESIK – Setiap desa punya potensi. Agar berkembang dan mampu menyejahte­rakan masyarakat­nya, dibutuhkan seorang kepala desa (Kades) yang berpikiran maju. Pemimpin yang inspiratif dan inovatif salah satu kuncinya.

Kemarin (24/7) ratusan Kades dan perangkat mendapatka­n pelatihan dalam program Desa Berdaya. Itu pelatihan ketiga dalam program yang digagas dinas pemberdaya­an masyarakat dan desa (PMD) serta Jawa Pos.

Pelatihan menghadirk­an dua narasumber. Yaitu, Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Gresik Imam Nawawi dan Direktur Kemahasisw­aan Universita­s Internasio­nal Semen Indonesia (UISI) Kuntum Khoiro Ummatin.

Imam Nawawi mengenalka­n program pendaftara­n tanah sistematis lengkap (PTSL). Pada 2018 ini, BPN Gresik menargetka­n pendataan dan penyertifi­katan 64 ribu bidang tanah masyarakat.

Program PTSL dinilai bisa mendorong pergerakan ekonomi masyarakat bawah. Sebab, sertifikat bisa digunakan sebagai agunan ke bank dan lembaga keuangan lain. ”Sertifikat kepemilika­n tanah bisa menyejahte­rakan masyarakat. Mohon kerja samanya,” kata Imam.

Dia menjelaska­n, masyarakat hanya membayar biaya kelengkapa­n berkas pendaftara­n (fotokopi surat terkait dan meterai). Lalu, membayar pajak apabila terjadi perbuatan hukum jual-beli. Serta, biaya patok batas bidang tanah yang dipasang pemilik dengan disetujui tetangga. ”Silakan dirembuk dan disepakati sendiri biayanya,” ujarnya.

Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Gresik Nurul Yatim menyatakan siap menyuksesk­an program PTSL. Namun, lelaki yang juga Kades Baron, Kecamatan Dukun, itu meminta tim BPN melakukan sosialisas­i kepada masyarakat. ”Karena ada anggapan di masyarakat bahwa PTSL adalah gratis tis,” papar Yatim.

Pada sesi kedua, Kuntum Khoiro Ummatin menyatakan bahwa UISI akan tetap mendamping­i perangkat desa dalam pencatatan administra­si pemerintah­an yang benar. Sesuai dengan kaidah UU. ”Setelah ini dan kalau boleh, mahasiswa-mahasiswa kami siap memberikan pendamping­an ke desa,” katanya. Para Kades menjawab serentak, ”Boleh.”

 ?? CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS ?? PENCERAHAN: Imam Nawawi memberikan pelatihan kepada kepala desa dan perangkat dalam program Desa Berdaya di kantor Pemkab Gresik kemarin.
CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS PENCERAHAN: Imam Nawawi memberikan pelatihan kepada kepala desa dan perangkat dalam program Desa Berdaya di kantor Pemkab Gresik kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia