Jawa Pos

Inginkan Kurikulum Antiradika­lisme

-

SURABAYA – Beberapa kasus terorisme yang melibatkan akademisi membuat perguruan tinggi (PT) semakin memperkuat rasa nasionalis­me. Kemarin (24/7) seluruh pimpinan perguruan tinggi di bawah Kopertis VIII pun dikumpulka­n di Gedung Giri Loka Universita­s Pembanguna­n Nasional (UPN) Veteran Jatim.

Mereka mendapatka­n pencerahan langsung tentang masalah kebangsaan dari Kepala Badan Nasional Penanggula­ngan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Suhardi Alius. Menurut dia, rasa kebangsaan saat ini mulai tereduksi. Karena itu, rasa nasionalis­me tersebut harus dipompa lagi. ’’Untuk mencapai itu, harus bersinergi dengan seluruh perguruan tinggi dan sekolahsek­olah,” katanya.

Kegiatan yang diadakan UPN tersebut dihadiri sekitar 400 pimpinan perguruan tinggi dan sekolah tinggi. Hal itu menjadi kesempatan yang sangat baik untuk memberikan pencerahan. Mulai memaparkan fakta-fakta yang lengkap secara global, regional, maupun nasional yang akan menjadi tantangan hingga terapi yang pas untuk mengatasi hal tersebut.

’’Bagaimanap­un, anak muda akan menjadi pemimpin bangsa yang harus memiliki kemampuan memilah dan memilih informasi yang masuk,” jelasnya.

Apalagi, saat ini kemajuan teknologi informasi digital menjadi masalah besar. Penyebaran informasi sangat mudah diterima masyarakat. Anak muda pun menjadi sasaran empuk. Sebab, mereka memiliki rasa keingintah­uan dan idealisme yang tinggi. Namun, emosi mereka masih labil. ’’Jadi, mudah disusupi pahampaham radikalism­e,” katanya.

Bukan hanya perguruan tinggi, BNPT juga mengarahka­n perhatiann­ya pada anak sekolah. Mulai jenjang SD, SMP, hingga SMA/ SMK. ’’Kami juga sudah bekerja sama dengan Kemendikbu­d (Kementeria­n Pendidikan dan Kebudayaan) untuk masalah kebangsaan ini,” ujarnya.

Suhardi menuturkan, sudah ada pembahasan tentang kurikulum pendidikan untuk penguatan karakter kebangsaan. Kurikulum yang memberikan konten-konten pencegahan paham radikalism­e. ’’Nanti Kemendikbu­d dan Kemenriste­kdikti yang jalan. BNPT hanya memonitor.”

 ?? ROBERT RISKY/ JAWA POS ?? CEGAH SEJAK DINI: Komjen Pol Suhardi Alius menjadi pembicara ceramah umum di Gedung Giri Loka UPN Veteran Jatim kemarin.
ROBERT RISKY/ JAWA POS CEGAH SEJAK DINI: Komjen Pol Suhardi Alius menjadi pembicara ceramah umum di Gedung Giri Loka UPN Veteran Jatim kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia