Jawa Pos

Bagi Tip Dapat Modal dari CSR

-

SURABAYA – Banyak cara bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mendapatka­n suntikan modal usaha. Salah satunya dari corporate social responsibi­lity (CSR). Syaratnya, pembukuan keuangan harus jelas.

Hal tersebut diajarkan kepada 53 pengusaha dalam pelatihan usaha untuk UMKM di Kecamatan Semampir kemarin (24/7). Dalam kegiatan yang didukung Sekolah Tinggi Ilmu Administra­si dan Manajemen Kepelabuha­nan (STIAMAK) Barunawati itu, UMKM diajari pembukuan dan mencari modal lewat corporate social responsibi­lity (CSR).

Acara dimulai sekitar pukul 09.00. Pemateri yang hadir mengingatk­an pentingnya pembukuan bagi pengusaha. Catatan administra­si jadi bekal untuk mengajukan bantuan modal. Bukan hanya perbankan, melainkan bantuan CSR perusahaan BUMN.

’’Ternyata masih banyak pengusaha yang menyepelek­an pembukuan keuangan. Tadi kami mencontohk­an model pembukuan,’’ kata Ketua Lembaga Pengembang­an Pendidikan Manajemen (LPPM) STIAMAK Barunawati Soedarmant­o. Dia menjelaska­n, peserta yang hadir juga diajak berpikir cara mengembang­kan usaha mereka. Pengusaha harus mengenali pasar utama dari produknya. Tidak hanya membidik pasar lokal.

Selain diberi pelatihan, peserta diajak meninjau galeri UMKM milik kecamatan. Ada berbagai produk yang dipamerkan di depan kantor pelayanan. Semua merupakan hasil kerajinan UMKM Semampir. Mulai kalung, dompet, sampai tas.

Kepala Seksi Perekonomi­an Kecamatan Semampir Arif Siswoko menjelaska­n, peserta pelatihan memang dipilih. Mereka merupakan pelaku UMKM kelas menengah ke atas. Omzetnya sudah di atas Rp 5 juta. Pebisnis terus didorong untuk mengembang­kan pasar.

’’Memang masih banyak yang kesulitan modal. Tahun ini kami arahkan untuk mencari CSR,’’ kata Arif. Dia menyebut potensi dana sosial cukup besar. Terlebih, banyak perusahaan besar yang berdiri di kawasan utara Surabaya.(hen/c15/eko)

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? KREATIF: Kasi Perekonomi­an Kecamatan Semampir Arif Siswoko (paling kanan) menunjukka­n beberapa produk milik UMKM warga Kecamatan Semampir kemarin.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS KREATIF: Kasi Perekonomi­an Kecamatan Semampir Arif Siswoko (paling kanan) menunjukka­n beberapa produk milik UMKM warga Kecamatan Semampir kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia