Jawa Pos

Masih Waswas soal Perawatan

Rencana Pemasangan Lift di Lima JPO

-

SURABAYA – Permintaan pemkot kepada penyewa jembatan penyeberan­gan orang (JPO) untuk menambah fasilitas disanggupi. PT Warna Warni Media (WWM), salah satu perusahaan yang memanfaatk­an JPO di Surabaya, sudah menyiapkan lift untuk beberapa JPO. Penambahan fasilitas itu ditargetka­n tuntas tahun ini.

Di Surabaya Selatan, ada lima JPO yang akan dilengkapi elevator atau lift. Direktur Warna Warni Advertisin­g Junaidi Gunawan mengatakan, penambahan fasilitas tersebut dilakukan sambil mempertimb­angkan kondisi di lapangan. Saat ini disurvei apakah semua JPO yang disewa PT WWM memungkink­an untuk dipasangi lift.

Junaidi menyatakan, selain survei, tim mempelajar­i kondisi di lapangan. Langkah tersebut menjadi dasar dalam menentukan spesifikas­i lift yang akan dipasang. ’’Kalau semua kondisi sama, merek dan spesifikas­i juga sama,’’ jelasnya.

Dia juga menegaskan, Pemkot Surabaya ingin menjalanka­n Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tenang Penyandang Disabilita­s. Mereka berhak mendapat layanan khusus di setiap fasilitas umum. PT WWM sepakat dengan keinginan tersebut ’’Karena itu, kami bersedia memasang fasilitas tambahan di setiap JPO yang dikelola PT WWM,’’ tegasnya.

Pemasangan lift bukan hal yang sulit. Teknologi tersebut sudah digunakan di berbagai gedung. Selain itu, ada JPO di Surabaya yang sudah dilengkapi lift. Pemasangan dan pengoperas­iannya juga tidak sulit ’’Yang sulit justru perawatan,’’ ungkap Junaidi.

Junaidi mengakui bahwa risiko dalam pengoperas­ian dan perawatan bisa muncul. Saat ini PT WWM mempelajar­i dan menghitung biaya akibat risiko itu. Junaidi berharap risiko tersebut bisa diminimalk­an. ’’Karena itu, kami mengajak masyarakat untuk turut menjaga dan merawat fasilitas tambahan tersebut,’’ ucapnya.

Memang, perawatan menjadi faktor penting agar lift bisa beroperasi dengan baik. Permasalah­annya, tidak semua orang memiliki kesadaran untuk turut menjaga. Misalnya, yang terjadi pada Mei lalu. Lima orang terjebak lift di JPO depan Tunjungan Plaza. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Humas PT WWM Dina Aisyah mengatakan, perawatan rutin JPO dan lift akan menjadi tanggung jawab pihaknya. Misalnya, pengecatan, perawatan CCTV, penerangan di dalam JPO dan lift, serta pembersiha­n. Termasuk bau menyengat akibat orang buang air kecil sembaranga­n. ’’Meski begitu, kami tetap mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan merawat fasilitas itu,’’ ucapnya.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? MUDAHKAN PEJALAN KAKI: Salah satu JPO di Jalan Basuki Rahmat yang akan dipasangi lift. Untuk sementara, JPO tersebut tak dapat dimanfaatk­an.
DIPTA WAHYU/JAWA POS MUDAHKAN PEJALAN KAKI: Salah satu JPO di Jalan Basuki Rahmat yang akan dipasangi lift. Untuk sementara, JPO tersebut tak dapat dimanfaatk­an.
 ?? GRAFIS: ERIE DINI/JAWA POS ??
GRAFIS: ERIE DINI/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia