Jawa Pos

Ada 32 Klien Jalani Rehabilita­si Narkoba

-

SIDOARJO – Pada semester pertama, BNNK Sidoarjo berhasil mengungkap tiga kasus dengan enam tersangka kasus narkoba. Ungkap kasus itu juga hasil kerja sama dengan Satgaspam Lanudal Juanda, AVSEC Angkasa Pura, dan Bea Cukai Juanda. Selain terus memburu pemakai dan pengedar narkoba, kinerja BNNK berfokus pada rehabilita­si.

Kepala BNNK Sidoarjo AKBP Indra Brahmana menyatakan, narkoba telah menjadi musuh bersama. Baik negara maupun masyarakat. Karena itu, tidak mungkin BNN dapat memerangi narkoba tanpa kerja sama dan dukungan semua pihak. ’’Peran masyarakat juga perlu dilibatkan,’’ katanya kepada Jawa Pos.

Pada semester awal, beberapa kasus telah diungkap. Januari lalu, misalnya. Ada temuan 103 gram sabu-sabu yang dibawa Juhar. Warga asal Madura tersebut menyembuny­ikan serbuk haram itu di celana dalamnya.

Selain itu, ada tiga warga Mojokerto yang membawa sabu-sabu melalui jalur darat dari Medan ke Sidoarjo. Mereka diamankan Februari lalu. Jaringan tersebut merupakan pengedar sekaligus pemakai. Total berat barang bukti sabu-sabu mencapai 5 kilogram. ’’Saat itu kami bekerja sama dengan tim direktorat narkotika BNN pusat,’’ katanya.

Kasus ketiga, tersangkan­ya adalah TKW dari Malaysia yang tiba di Juanda pada Maret lalu. Dari tangan Novita Habibah, tersangka asal Madura, ditemukan 1.240 gram sabu-sabu. ’’Semuanya pengedar. Yang positif pemakai warga Mojokerto itu,’’ tutur Indra.

Dia tidak henti-henti untuk terus ikut mengimbau masyarakat agar lebih sadar akan bahaya narkoba. Imbauan tersebut, antara lain, melalui sosialisas­i dan kampanye di segala lapisan masyarakat. ’’Sekali lagi, perlu kerja sama yang kompak,’’ tegasnya.

Sementara itu, target rehabilita­s pada tahun ini mencapai 120 klien. Menurut Kasi Rehabilita­si BNNK Sidoarjo Abdul Muklis Jamil Susilo, pihaknya juga gencar memberikan layanan penyembuha­n terhadap ketergantu­ngan narkoba bagi masyarakat yang melapor. Tanpa dipungut biaya. Saat ini ada 32 klien yang direhab BNNK Sidoarjo. Klien yang datang akan dicek sejauh apa tingkat keparahann­ya, apakah coba-coba pakai, teratur pakai, atau pecandu.

 ?? ROBY KURNIAWAN/JAWA POS ?? KINERJA POSITIF: AKBP Indra Brahmana bersama jajaran BNNK Sidoarjo saat melaksanak­an rapat evaluasi.
ROBY KURNIAWAN/JAWA POS KINERJA POSITIF: AKBP Indra Brahmana bersama jajaran BNNK Sidoarjo saat melaksanak­an rapat evaluasi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia