Jawa Pos

Bakal Sengit di Dapil Taman-Sukodono

PKB Usung Tokoh-Tokoh Unggulan

-

SIDOARJO – Nama-nama daftar calon tetap (DCT) anggota DPRD Sidoarjo belum diumumkan. Sesuai jadwal KPU, pengumuman dilangsung­kan pada 21–23 September. Namun, peta persaingan berebut kursi di setiap daerah pemilihan (dapil) mulai tergambar.

Dari data yang didapat Jawa Pos, di beberapa dapil tampaknya bakal terjadi persaingan sengit. Baik di kalangan internal maupun eksternal parpol. Di dapil 5, misalnya. Terdapat nama-nama besar di daerah pemilihan yang meliputi Kecamatan Taman dan Sukodono itu. Termasuk para calon dari incumbent.

PKB setidaknya memasang em- pat calon unggulan. Pertama, Sullamul Hadi Nurmawan yang kini menjabat ketua DPRD Sidoarjo. Dalam pileg 2014, perolehan suara Wawan –sapaan akrab Sullamul Hadi Nurmawan– mencapai 12.112. Politikus muda tersebut memang berasal dari Sukodono.

Kandidat kedua adalah Saifuddin Affandi yang kini duduk di Komisi D DPRD Sidoarjo. Pada pileg sebelumnya, Saifuddin meraih 7.525 suara. Dia juga termasuk tokoh di Trosobo, Taman. Ketiga, Ahmad Muhdlor Ali, putra KH Agoes Ali Masyhuri (pengasuh Ponpes Bumi Sholawat). Keempat, Abdullah Mukhlis, putra Bupati Saiful Ilah. Dua calon terakhir merupakan kaderkader muda PKB.

Parpol lain juga memasang calon unggulan. PDIP mengusung Bambang Riyoko. Saat ini Bambang yang asli Wage, Taman, duduk sebagai anggota komisi D. Kemudian, Partai Gerindra mengusung nama M. Rifa’i, wakil ketua DPRD Sidoarjo (nonaktif ) yang sempat tersandung kasus ijazah palsu. Parpol-parpol lain seperti Partai Demokrat dan Golkar juga mengusung nama incumbent.

Sebagaiman­a diberitaka­n, pada pileg 2019 Sidoarjo terbagi dalam enam dapil. Dapil 1 yang meliputi Buduran, Sedati, dan Sidoarjo (10 kursi); dapil 2 Candi, Jabon, Porong, dan Tanggulang­in (8 kursi); dapil 3 Krembung, Prambon, Tulangan, dan Wonoayu (8 kursi); dapil 4 Balongbend­o, Krian, dan Tarik (7 kursi); dapil 5 Sukodono dan Taman (9 kursi); serta dapil 6 Gedangan dan Waru (8 kursi).

Sekretaris DPC PKB Sidoarjo Abdillah Nasih mengatakan, pemilihan dapil itu berdasar sejumlah pertimbang­an. Pertama, bacaleg yang memilih. Setelah itu, partai memetakan. ’’Kalau memang kuat, partai akan menentukan,’’ ucapnya.

Yang jelas, dia berharap suara PKB ikut terdongkra­k dengan kehadiran nama-nama besar itu. Nasih yakin partainya akan mendapatka­n suara maksimal dan menjadi pemenang di dapil 5.

Keyakinan serupa disampaika­n Bendahara D2PC PDIP Sidoarjo Tarkit Erdianto. Dia menegaskan, pihaknya tentu tidak akan gentar dalam menghadapi nama-nama besar yang diajukan PKB. ’ Pak Bambang,calonkami,jugamemili­kibasis massa di dapil 5 yang sangat kuat,’ ungkapnya.

Sullamul Hadi Nurmawan Ketua DPRD Sidoarjo Saifuddin Affandi Anggota Komisi D

Ahmad Muhdlor Ali Putra KH Agoes Ali Masyhuri

Abdullah Muhlis Putra Bupati Saiful Ilah

M. Rifai Wakil Ketua DPRD (nonaktif)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia