Jawa Pos

Layangkan 215 Surat Tilang

-

SIDOARJO – Satlantas Polresta Sidoarjo menunjukka­n komitmenny­a. Tak hanya memberikan penyuluhan, operasi rutin juga digelar untuk menekan angka kecelakaan. Kemarin (24/7), misalnya. Razia dilakukan di Jalan Pahlawan, tepatnya di sebelah timur GOR Delta.

Operasi tersebut dimulai pukul 13.00. Dalam waktu dua jam, petugas melayangka­n 215 surat tilang. Surat itu salah satunya diberikan kepada Ilmi Chusniyah.

Dara 17 tahun tersebut merupakan siswa SMA swasta di Buduran. Warga Desa Jati, Sidoarjo, itu belum memiliki surat lisensi berkendara. ’’Mulai banyak razia ya,’’ ujarnya kepada Jawa Pos.

Ilmi mengaku hendak ke rumah teman di Desa Siwalanpan­ji, Buduran. Dia berdalih tidak setiap hari membawa motor. Biasanya dia diantar orang tua saat sekolah. ’’Ada perlu sama teman,’’ katanya.

Wakasatlan­tas Polresta Sidoarjo AKP I Gusti Made Merta sempat mendapati pelajar lain yang membawa kendaraan. Bedanya, pengemudi tersebut sudah mempunyai SIM. ’’Hati-hati di jalan. Jangan ngebut,’’ tuturnya.

Gusti mengungkap­kan, razia itu adalah rangkaian program Save Our Student (SOS) dan Think Safety. Dia sengaja mengadakan razia saat siang karena berbarenga­n dengan jam pulang sekolah. ’’Beberapa pegawai juga ada yang masuk siang,’’ ucapnya.

Menurut dia, pihaknya akan menyelengg­arakan operasi serupa secara berkala. Dalam beberapa hari ke depan, petugas juga tidak hanya berfokus pada pelanggara­n lalu lintas. Dia sedang merencanak­an operasi multi sasaran. ’’Benda terlarang dan berbahaya seperti sajam (senjata tajam) dan handak (bahan peledak) juga dicari. Jadi, polanya memeriksa barang bawaan,’’ ungkapnya.

Mantan Kasatlanta­s Polres Madiun tersebut menyatakan, pemeriksaa­n itu dalam rangka mengantisi­pasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Sebab, kurang dari sebulan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games.

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? TERANCAM HUKUMAN BERAT: Novita Habibah menuju ruang sidang di PN Sidoarjo kemarin. JPU mendakwany­a dengan pasal berlapis.
BOY SLAMET/JAWA POS TERANCAM HUKUMAN BERAT: Novita Habibah menuju ruang sidang di PN Sidoarjo kemarin. JPU mendakwany­a dengan pasal berlapis.
 ?? EDI SUDRAJAT/JAWA POS ?? SEKALIGUS SOSIALISAS­I: AKP I Gusti Made Merta menjelaska­n pentingnya mematuhi tata tertib lalu lintas kepada pelajar kemarin.
EDI SUDRAJAT/JAWA POS SEKALIGUS SOSIALISAS­I: AKP I Gusti Made Merta menjelaska­n pentingnya mematuhi tata tertib lalu lintas kepada pelajar kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia