Jawa Pos

Gathering agar Anjing Bisa Bersosiali­sasi

-

SURABAYA – Seperti manusia, anjing juga punya karakter yang berbeda-beda. Mereka bisa cocok dengan karakter tertentu, tetapi bisa juga galak dengan karakter lain. Bagaimana mengetahui­nya? Angelina Untung, ketua Loving Dog Community (LDC), menyatakan bahwa pemilik anjing bisa mengajak peliharaan­nya untuk bersosiali­sasi dalam kegiatan gathering. ’’Anjing itu ada yang pemalu, penakut. Terus bisa main dengan anjing seperti apa, itu baru tahu kalau ketemu,’’ ujar perempuan yang akrab disapa Angie tersebut.

Gathering LDC sendiri diadakan setiap dua minggu. ’’Lokasinya berbeda-beda. Biasanya Surabaya Timur atau Surabaya Barat,’’ jelasnya.

Gathering mereka kali ini dilangsung­kan di Club House Wisata Bukit Mas. Acara tersebut cukup istimewa karena salah satu anggota mereka merayakan ulang tahun. Rhino, anjing poodle milik Jessica Soemartono, merayakan ulang tahunnya yang kedua.

Sebuah tumpeng yang berisi jajanan pasar diletakkan di meja di tengah lapangan Minggu sore (22/7). ’’Ya biar kesannya kayak tumpengan

gitu, seperti orang-orang,’’ ucap Jessica.

Jessica juga punya acara khusus untuk pemilik anjing lainnya. Dia dan keluargany­a sudah membuat

poop anjing buatan. Warnanya cokelat kekuningan, benar-benar persis poop. Poop buatan itu disebar di seluruh lapangan Club House.

’’Tugasnya harus mengumpulk­an sebanyakba­nyaknya sambil mengganden­g anjingnya,’’ jelas Angie.

Jessica menjelaska­n, permainan kali ini memang dibuat khusus sebagai edukasi bagi para pemilik anjing. ’’Masih ada pemilik anjing yang suka meninggalk­an poop sembaranga­n. Pura-pura nggak lihat aja gitu,’’ tambah perempuan yang berdomisil­i di HR Muhammad itu. ’’Harapannya

games ini bisa meningkatk­an kesadaran juga untuk pemilik anjing biar bertanggun­g jawab dengan anjingnya sampai poop-nya juga,’’ tambah Angie.

 ?? RETNO DYAH/JAWA POS ?? SAYANG: Anggota Loving Dog Community berpose bersama anjing peliharaan masing-masing.
RETNO DYAH/JAWA POS SAYANG: Anggota Loving Dog Community berpose bersama anjing peliharaan masing-masing.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia