Jawa Pos

Pribumi Juga Punya Kontribusi

-

SKUAD Prancis saat ini memang didominasi pemain ’’blasteran’’. Namun, bukan berarti personel dengan darah asli Prancis tidak memberikan kontribusi maksimal bagi Les Bleus.

Didier Deschamps, misalnya. Pelatih 49 tahun tersebut merupakan Prancis tulen. Eks pelatih AS Monaco dan Juventus itu piawai mengeluark­an semua potensi yang dimiliki timnya, terutama pemain muda. Didi –sapaan Didier Deschamps– berani memberikan kepercayaa­n kepada pemain Kylian Mbappe, yang kemudian dinobatkan sebagai pemain muda terbaik. Didi pula yang menanamkan rasa nasionalis­me yang sangat besar kepada pemainnya. Tak peduli dari mana mereka berasal.

’’Inilah Prancis yang kami cintai. Ada perbedaan asal usul namun tetap bersatu sebagai tim secara utuh. Kami bermain dengan jersey yang sama,’’ kata Didi kepada BBC.

Pribumi lainnya yang punya kontribusi adalah bek kanan Benjamin Pavard. Pemain 22 tahun tersebut tidak hanya sukses mengemban tanggung jawab di sisi kanan pertahanan Prancis. Tapi, pemain yang dijuluki The New Lilian Thuram karena piawai dalam bertahan dan menyerang itu juga sukses meraih gelar individu.

Ya, Pavard dinobatkan sebagai pemilik gol terbaik Piala Dunia 2018. Gol yang terjadi pada menit ke-57 ketika melawan Argentina di babak 16 besar, mengalahka­n beberapa gol cantik karya Cristiano Ronaldo, Luka Modric, dan Juan Quintero yang semuanya terjadi di fase grup.

’’Saya hanya berpikir untuk menendangn­ya saat bola datang. Bangga, terhormat, dan sedikit susah untuk dipercaya (mendapatka­n predikat gol terbaik, Red),’’ ucap Pavard kepada situs resmi FIFA.

 ?? JOHN SIBLEY/REUTERS ?? ASLI PRANCIS: Aksi Benjamin Pavard (kiri) saat membobol gawang Argentina di babak 16 besar Piala Dunia. Gol ini terpilih sebagai gol terbaik Piala Dunia 2018.
JOHN SIBLEY/REUTERS ASLI PRANCIS: Aksi Benjamin Pavard (kiri) saat membobol gawang Argentina di babak 16 besar Piala Dunia. Gol ini terpilih sebagai gol terbaik Piala Dunia 2018.
 ?? ROSS CAMERON/AP PHOTO ?? SINYAL HENGKANG: Anthony Martial menjatuhka­n gelandang San Jose Earthquake­s pada laga ICC di Santa Clara, California (22/7).
ROSS CAMERON/AP PHOTO SINYAL HENGKANG: Anthony Martial menjatuhka­n gelandang San Jose Earthquake­s pada laga ICC di Santa Clara, California (22/7).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia