Jawa Pos

Ikan Kali Surabaya Mengandung Mikroplast­ik

-

SURABAYA – Ecological Observatio­n and Wetlands Conservati­on (Ecoton) membedah isi lambung ikan-ikan yang ada di Kali Surabaya. Para peneliti menemukan ada serpihan mikroplast­ik dalam lambung ikan-ikan itu.

Direktur Ecoton Prigi Arisandi mewanti-wanti masyarakat Surabaya berhati-hati dalam mengonsums­inya. Terutama yang didapat saat memancing di Kali Surabaya. Prigi mengatakan, kandungan mikroplast­ik di perut ikan berasal dari mikroplast­ik di popok bayi. ”Kami temukan bukti itu di perut ikan rengkik dan keting,” kata alumnus Universita­s Airlangga tersebut.

Sebelum melakukan penelitian, Ecoton melakukan aksi bersih-bersih popok di Kali Surabaya tahun lalu. Tahun lalu Ecoton berhasil memungut 3 kuintal popok bayi di sungai dan jembatan. Aksi itu bakal kembali dilakukan. ”Senin resik-resik popok di Jembatan Karang Pilang. Peringatan satu tahun gerakan berantas popok,” katanya.

Sementara itu, Selasa (31/7) Ecoton bakal mengadakan aksi protes dengan menggantun­g ikan-ikan yang mengandung sampah plastik di depan Gedung Grahadi. Prigi berharap pemerintah menindakla­njuti temuan tersebut. Menurut dia, masyarakat harus diedukasi untuk tidak membuang sampah di sungai.

Di sisi lain, masih banyak warga yang memancing di Kali Surabaya. Spot yang banyak dikunjungi para pemancing adalah dekat pintu air Rolak. Mereka tetap memancing meski sudah ada rambu-rambu larangan memancing yang dipasang pemkot.

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? MENANTI TANGKAPAN: Ahmad Hari memancing di sekitar rolak Kalimas, Surabaya, kemarin (26/7).
HANUNG HAMBARA/JAWA POS MENANTI TANGKAPAN: Ahmad Hari memancing di sekitar rolak Kalimas, Surabaya, kemarin (26/7).
 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? SIAP DIMASAK: Penjual menjajakan ikan air tawar yang diperoleh dari Kalimas.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS SIAP DIMASAK: Penjual menjajakan ikan air tawar yang diperoleh dari Kalimas.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia