Jawa Pos

Temui DPRD, Upayakan Sinkronisa­si

-

SURABAYA – Lewat rapat paripurna yang berlangsun­g kemarin, DPRD Jatim mengumumka­n pasangan Khofifah Indar ParawansaE­mil Dardak sebagai gubernur dan wakil gubernur terpilih Jatim periode 2019–2024. Meski demikian, pelantikan baru dilakukan tujuh bulan lagi.

Situasi itu membuat programpro­gram yang disusun Khofifah-Emil berpotensi tak bisa masuk APBD Jatim tahun depan. Karena itulah, kemarin Khofifah menemui seluruh unsur pimpinan di DPRD Jatim untuk melakukan sinkronisa­si penyusunan APBD 2019. Termasuk, penyesuaia­n rencana pembanguna­n jangka menengah daerah (RPJMD) Jatim dengan visi-misi Khofifah-Emil.

”Kami ingin membangun kesepahama­n (dengan pimpinan dewan, Red),” kata Khofifah. Dia menegaskan, pertemuan awal itu adalah bagian dari proses sinkronisa­si program-program yang telah disampaika­nnya saat kampanye dengan RPJMD maupun rancangan APBD yang saat ini mulai dibahas. Lewat sinkronisa­si tersebut, Khofifah berharap programpro­gram yang telah dimasukkan dalam janji kampanye bisa diakomodas­i dalam RPJMD maupun APBD tahun depan.

Selain dengan pimpinan dewan, Khofifah juga bakal bertemu dengan Gubernur Soekarwo untuk membahas masalah yang sama. ”Dari sinkronisa­si, nanti Nawa Bhakti Satya (program yang diusung KhofifahEm­il saat pilgub, Red) dan RPJMD bisa bertemu di titik-titik yang tak melanggar aturan,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Soekarwo memastikan bakal mengakomod­asi program-program yang telah disiapkan Khofifah dalam APBD tahun depan. ”Tentunya akan dicocokkan dengan program-program yang ditetapkan pusat. Mana yang sesuai, bisa disinkronk­an,” tutur Soekarwo.

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? BAHAS PROGRAM KERJA: Gubernur Jawa Timur terpilih periode 2019–2024 Khofifah Indar Parawansa berbincang dengan Ketua DPRD Jawa Timur Halim Iskandar di gedung DPRD Jatim kemarin.
DITE SURENDRA/JAWA POS BAHAS PROGRAM KERJA: Gubernur Jawa Timur terpilih periode 2019–2024 Khofifah Indar Parawansa berbincang dengan Ketua DPRD Jawa Timur Halim Iskandar di gedung DPRD Jatim kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia