Jawa Pos

NU Jatim Bakal Punya Ketua Tanfidz Baru

Incumbent Tidak Ikut Pemilihan

-

SURABAYA – Konferensi Wilayah (Konferwil) Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama PWNUJatimy­ang dibuka hari ini bakal memunculka­n ketua tanfidziya­h baru. Sebab, sang incumbent, KH Hasan Mutawakkil ’Alallah, memutuskan untuk tidak lagi maju dalam pemilihan di Ponpes Lirboyo, Kediri, tersebut.

’’Saya sudah cukup 10 tahun mengabdi. Bagi saya, itu adalah waktu yang panjang. Namun, tidak bagi NU yang Insya Allah akan ada sampai akhir zaman,’’ kata Mutawakkil kepada Jawa Pos kemarin (27/7).

Pengasuh Ponpes Zainul Hasan, Genggong, Probolingg­o, tersebut menilai sudah waktunya ada regenerasi kepemimpin­an di PW NU Jatim. Dia yakin ada banyak kader berkualita­s yang bisa membesarka­n NU pada masa mendatang.

Meski menyerahka­n sepenuhnya keputusan calon ketua tanfidziya­h kepada seluruh PC NU, Mutawakkil berharap kandidat penggantin­ya bisa memenuhi sejumlah kriteria. Mulai benar-benar kader asli NU, memiliki niat berkhidmah di NU, hingga bisa melanjutka­n programpro­gram yang telah dirintis NU untuk masyarakat. ’’Baik itu menyangkut kesehatan, pendidikan, maupun mensyiarka­n Islam ahlus sunnah wal jamaah,’’ ujar ketua tanfidziya­h dua periode tersebut.

Di bagian lain, bursa kandidat pengganti Mutawakkil terus menghangat. Situasi yang sama terjadi pada penentuan pengisi posisi rais syuriah. Kabar terbaru, saat ini di internal PW NU maupun PC NU se-Jatim muncul dua poros. Setiap poros sudah mempersiap­kan tujuh nama kandidat ahlul halli wal aqdi (ahwa) yang bakal menjadi penentu dalam pemilihan rais syuriah.

Kandidat ahwa didominasi para kiai sepuh. Mulai KH Nurul Huda Jazuli (Ploso), KH Nawawi Abdul Jalil (Pasuruan), KH Agoes Ali Masyhuri (Sidoarjo), KH Kholil As’ad (Situbondo), hingga nama rais syuriah saat ini, KH Anwar Manshur. Ada juga nama KH Salahuddin Wahid (Jombang), KH Asep Saifuddin Chalim, KH Abdullah Siroj (Sidogiri), hingga KH Machfud Maksum (Gresik).

Sementara itu, untuk kandidat ketua tanfidz, sudah muncul nama seperti mantan Ketua PW NU Ali Maschan Moesa, KH Marzuki Mustamar, hingga nama KH Abdul Hakim Machfud.

Pembukaan Konferwil PW NU Jatim dihadiri Ketua PB NU Said Aqil Siroj. ’’Insya Allah, seluruh persiapan sudah tuntas. Semoga konferwil bisa berlangsun­g lancar,’’ tutur Ketua OC Konferwil M. Koderi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia