Jawa Pos

Catalan Paling Tinggi

-

SEBAGAI negara federasi, Spanyol terdiri atas 17 negara bagian (comunidad) dan dua kota otonomi. Masing-masing menerapkan pajak penghasila­n yang persentase­nya berbeda-beda.

Dari 19 wilayah itu, Comunidad Madrid memberlaku­kan pajak penghasila­n 45 persen. Itu termasuk rendah bila dibandingk­an dengan Andalusia (48 persen) dan Murcia (46 persen). Catalan menjadi yang paling tinggi, antara 52 sampai 53 persen.

Lionel Messi sebagai pesepak bola dengan gaji tertinggi di dunia saat ini, EUR 630 ribu (Rp 10,55 miliar) per pekan, merasakan imbas dari tingginya pajak di Catalan. Sebab, kalau sudah dipotong pajak, La Pulga hanya menerima EUR 302 ribu (Rp 5,06 miliar) per pekan.

Kasus pajak yang menjerat Messi dan ayahnya, Jorge, dua tahun lalu pun menuai kontrovers­i. Versi pemain terbaik dunia lima kali itu, konsultan pajak turut bertanggun­g jawab. Sebab, konsultan pajaklah yang mengakali sistem pajak di Spanyol.

Bukan hanya itu. Messi menuduh rival Barca, Real Madrid, ikut ”bermain”. Sebab, sebelumnya banyak pemain Real yang tersandung kasus pajak. Nah, Los Merengues yang tak suka para pemainnya jadi bulan-bulanan media turut menyeret Messi. ”Momentum ini (kasus penggelapa­n pajak, Red) adalah upaya melemahkan saya,” ujar striker 31 tahun itu kepada Sport.

Meski akhirnya setuju membayar denda, Messi menyebut insiden itu sangat melukai memorinya.

 ?? MANU FERNANDEZ/AP PHOTO ?? MEMORI PAHIT: Lionel Messi meninggalk­an Pengadilan Barcelona setelah sidang penggelapa­n pajak ayahnya pada Juni 2016.
MANU FERNANDEZ/AP PHOTO MEMORI PAHIT: Lionel Messi meninggalk­an Pengadilan Barcelona setelah sidang penggelapa­n pajak ayahnya pada Juni 2016.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia