Jawa Pos

Layanan di Kecamatan Kembali Normal

-

Baru saja alat cetaknya terpasang di Kecamatan Asemrowo.”

SUHARTO WARDOYO Kepala Dispendukc­apil

SURABAYA – Pelayanan cetak e-KTP di sejumlah kecamatan sempat terhenti lantaran alat-alatnya ditempatka­n sementara di Siola. Namun, pekan ini peralatan tersebut sudah dikembalik­an ke kecamatan masingmasi­ng. Karena itu, pelayanan di kecamatan pun bisa kembali normal.

Selain itu, dinas kependuduk­an dan pencatatan sipil (dispendukc­apil) menambah jumlah kecamatan yang bisa melayani cetak e-KTP. Yakni, Kecamatan Sukolilo dan Asemrowo. Dengan demikian, kini ada 20 kecamatan yang melayani cetak e-KTP.

Kepala Dispendukc­apil Suharto Wardoyo mengatakan, pelayanan cetak e-KTP di kecamatan-kecamatan, khususnya di Asemrowo, dimulai Senin mendatang (30/7). ’’Baru saja alat cetaknya terpasang di Kecamatan Asemrowo,’’ jelas Anang –sapaan Suharto Wardoyo– kemarin (27/7).

Pelayanan cetak e-KTP di kecamatan dipriorita­skan untuk sejumlah warga. Khususnya yang sudah melakukan perekaman dan NIK-nya tercatat di daftar siap cetak atau print ready record (PRR). Dispendukc­apil juga mempriorit­askan warga pemegang surat keterangan pengganti e-KTP dengan barcode.

Sebelumnya, dispendukc­apil memang meminjam beberapa alat cetak dari kecamatan untuk sementara. Total lima alat cetak yang diperbantu­kan ke Siola untuk mengatasi peningkata­n volume pemohon. Bantuan alat tersebut akhirnya bisa mengurangi membeludak­nya pemohon cetak e-KTP di Siola.

Hingga kemarin, tercatat 919 blangko yang tersisa. Sementara itu, jumlah warga pemohon dengan status PRR tercatat 794 orang. Dispendukc­apil pun mempersiap­kan permintaan blangko baru untuk pemohon lain.

Salah satu kecamatan yang kembali melayani cetak e-KTP adalah Simokerto. Petugas kecamatan menerima kembali alat cetak tersebut Rabu sore dan mulai aktif menerima permohonan cetak Kamis pagi. Selama dua hari terakhir, sekitar 50 e-KTP yang dicetak. ’’Sebagian sudah diambil. Ini tersisa 24 e-KTP,’’ terang Hermin, operator alat cetak e-KTP.

 ?? DEBORA DANISA SITANGGANG/JAWA POS ?? TERCETAK: Hermin menunjukka­n e-KTP yang sudah jadi.
DEBORA DANISA SITANGGANG/JAWA POS TERCETAK: Hermin menunjukka­n e-KTP yang sudah jadi.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia