Jawa Pos

Oktober Uji Coba Parkir Nontunai

-

GRESIK – Dinas Perhubunga­n (Dishub) Gresik menggagas kawasan parkir nontunai. Sepuluh kawasan bakal diuji coba pada Oktober hingga Desember nanti.

Sekretaris Dishub Gresik Agustin H. Sinaga menyatakan, beberapa kawasan itu adalah Jalan H Samanhudi, Jalan Sidomoro, dan Gresik Kota Baru (GKB). ’’Wilayah yang selama ini ramai kami jadikan uji coba parkir nontunai,” ujarnya kemarin (27/7).

Dia menyebutka­n, kartu nontunai semua perbankan bisa digunakan. Hal itu diharapkan bisa memudahkan masyarakat. ”Sama seperti nontunai di jalan tol,” katanya.

Untuk realisasi gagasan tersebut, dishub akan melakukan pertemuan dengan Bank Jatim dan manajemen perbankan lainnya. Sebab, saat ini rekening pemerintah kabupaten menggunaka­n Bank Jatim. ’’Karena itu, perlu ada pembicaraa­n bersama,” tuturnya.

Tahun ini Dishub Gresik menargetka­n pendapatan retribusi parkir di tepi jalan umum (TJU) Rp 5 miliar dan tempat khusus parkir (TKP) Rp 1,17 miliar. Totalnya Rp 6,17 miliar. Kawasan parkir nontunai diharapkan meminimalk­an kebocoran potensi pendapatan dari retribusi parkir. ”Serta menyuksesk­an program pemerintah. Pemkab Gresik sudah menggunaka­n semua transaksi nontunai,” ucap mantan sekretaris Polisi Pamong Praja Gresik itu.

Di sepuluh kawasan parkir nontunai, akan dipasang satu mesin pemindai. Setelah uji coba, dishub menargetka­n penerapan resmi pada Januari 2019.

 ?? CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS ?? DAERAH RAMAI: Parkir sepeda motor di depan Pasar Gresik di Jalan H Samanhudi kemarin. Kawasan ini bakal menjadi tempat uji coba parkir nontunai.
CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS DAERAH RAMAI: Parkir sepeda motor di depan Pasar Gresik di Jalan H Samanhudi kemarin. Kawasan ini bakal menjadi tempat uji coba parkir nontunai.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia