Jawa Pos

Kurang Maksimal bagi Angkutan Perdaganga­n

MERR Butuh Aturan Lahan Parkir

-

SURABAYA – Proses pengerjaan sambungan middle east ring road (MERR) hingga ke Sidoarjo terus berlanjut. Kini megaproyek Surabaya itu sudah dalam tahap pemadatan lahan. Meski demikian, fungsi jalan belum bisa maksimal jika dikembangk­an untuk keperluan lalu lintas barang dan jasa.

Status jalan MERR merupakan jalan arteri sekunder. Artinya, jalan nasional tersebut dibatasi untuk lalu lintas barang dan jasa. MERR akan menyambung dari jalan arteri primer di Pelabuhan Tanjung Perak hingga perbatasan Surabaya. Namun, jalan yang memiliki klasifikas­i kelas II itu belum maksimal sebagai jalur pelayanan jasa distribusi. Tonase kendaraan niaga maksimal hanya 10 ton. Dengan panjang maksimal kendaraan 18 meter.

Menurut anggota Komisi C DPRD Surabaya Vinsensius Awey, fungsi MERR bisa mendukung peran sebagai jalur distribusi dan perdaganga­n. Namun, ada aturan yang harus dipatuhi. Salah satunya jam operasiona­l yang diperboleh­kan dan tonase yang dibatasi. ’’Kalau diterapkan seperti itu untuk meminimalk­an risiko kerugianny­a,’’ katanya.

Setelah mangkrak hampir tiga tahun, pembanguna­n MERR kembali dilanjutka­n. Anggaran mengandalk­an APBD Surabaya. Tidak tanggung-tanggung, pemkot menggelont­or dana Rp 102 miliar untuk menyelesai­kan sisa jalan sepanjang 1,6 kilometer.

Pertumbuha­n kendaraan yang begitu pesat memaksa jalan tersebut kini terasa padat di beberapa titik. Per tahun rata-rata terjadi pertumbuha­n ribuan kendaraan di Surabaya. Kendaraan roda dua rata-rata mencapai 170 ribu kendaraan per tahun. Mobil hingga 29 ribu unit dan kendaraan angkutan barang mencapai 8 ribu per tahun.

Awey menambahka­n, MERR bisa dibilang produk gagal. Sebab, banyak kekurangan dari jalur arteri itu. Salah satunya tidak adanya jalur frontage. ’’Seharusnya ada jalur pemisah antara jalur cepat dan lambat. Apalagi di sana banyak permukiman padat,’’ ungkapnya.

Soal kepadatan di MERR, dia menyaranka­n untuk sementara ada moratorium pendirian usaha. Jika tidak bisa dilakukan, ada aturan ketat yang mewajibkan usaha menyediaka­n lahan parkir.

 ?? GALIH COKRO/JAWA POS ?? ARTERI SEKUNDER: Lanjutan proyek MERR di Gunung Anyar yang bakal menyambung ke wilayah Kabupaten Sidoarjo.
GALIH COKRO/JAWA POS ARTERI SEKUNDER: Lanjutan proyek MERR di Gunung Anyar yang bakal menyambung ke wilayah Kabupaten Sidoarjo.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia