Jawa Pos

Perluas Puskesmas, Bongkar Rumdin

-

SURABAYA – Tiga rumah dinas (rumdin) di lingkungan Puskesmas Krembangan dibongkar. Lahannya digunakan untuk memperluas puskesmas. Sejumlah fasilitas ruang pelayanan akan ditambah. Salah satunya, ruang rawat inap.

Kepala Puskesmas Krembangan Selatan Dokter Dayanti Dadiningru­m menyatakan, saat ini sedang dilakukan proses perataan tanah. Sebab, lahan yang digunakan untuk perluasan puskesmas adalah bekas rumah dinas. ”Tiga rumah dinas dibongkar untuk dijadikan puskesmas,” ujarnya.

Penghuni rumah dinas tersebut kini pindah. Sebab, ucap dia, aturannya, tidak ada rumah dinas. Karena itu, lahan tersebut dialihfung­sikan untuk menambah ruangruang pelayanan. Dayanti menuturkan, selama ini puskesmas memiliki beberapa unit layanan. Antara lain, poli umum, poli KIA, dan poli gigi. Ada juga layanan rawat inap.

Namun, ruang rawat inap yang dimiliki hanya satu. Dengan demikian, ketika ada pasien perempuan yang menginap, pasien laki-laki tidak bisa menginap. Demikian pula sebaliknya. Karena itu, penambahan ruang rawat inap memang sangat diperlukan.

Di sisi lain, gedung yang saat ini beroperasi juga semakin terasa sesak. Sebab, pasien yang datang ke puskesmas cukup banyak. Tiap hari ada sekitar 150 pasien yang datang. Kursi antrean juga terbatas sehingga tidak mampu menampung seluruh pasien. Karena itu, sebagian pasien terpaksa berdiri.

Pembanguna­n tersebut dijadwalka­n berlangsun­g selama lima bulan. Yakni, hingga November. Nanti jumlah ruangan ditambah. Misalnya, ruang rawat inap laki-laki, perempuan, dan anak. Ada juga penambahan ruang laktasi yang lebih layak. Selain itu, ruang persalinan akan dipindah ke depan. ”Selama ini ruang persalinan berada di belakang. Ini akan kita pindah supaya lebih memudahkan,” katanya.

Menurut dia, pelayanan tidak terganggu selama proses pembanguna­n. Sebab, gedung utama puskesmas tidak dibongkar.

 ?? PUJI TYAS/JAWA POS ?? BERBAGI SUDUT: Pelayanan di Puskesmas Krembangan Selatan bakal lebih maksimal setelah perluasan gedung selesai lima bulan lagi.
PUJI TYAS/JAWA POS BERBAGI SUDUT: Pelayanan di Puskesmas Krembangan Selatan bakal lebih maksimal setelah perluasan gedung selesai lima bulan lagi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia