Jawa Pos

Asah Kemampuan Tanggulang­i Kebakaran

-

SURABAYA – Pegawai PT Angkasa Pura (AP) I Juanda kembali mendapat pelatihan pencegahan dan penanggula­ngan ancaman bahaya kebakaran. Tim Airport Rescue and Fiyer Fighting (ARFF) memandu pelatihan yang diadakan di pelataran Angkasa Pura Office Building (AOB) kemarin (27/7). Sekitar 50 pegawai PT AP I berpartisi­pasi dalam kegiatan tersebut.

Asisten Manajer ARFF PT AP I Isimaruni menyatakan, kegiatan itu bertujuan menyiapkan mental para pegawai agar tetap tenang saat menghadapi ancaman kebakaran. Juga, memberikan pengetahua­n teknis penanggula­ngan secara cepat dan mudah ketika terjadi kebakaran.

Kegiatan tersebut tidak hanya memperagak­an cara penanggula­ngan kebakaran. Tetapi juga pencegahan­nya. Pencegahan dan penanggula­ngan merupakan paket yang harus diketahui para pegawai. Dampak kebakaran bisa diminimalk­an dan ketika terjadi kebakaran pun bisa diatasi serta dikendalik­an sehingga tidak membesar. ’’Dengan demikian, dampak paling buruk dari kebakaran bisa diatasi dengan cepat, sendiri maupun dibantu tim ARFF,’’ tutur Isimaruni.

Pelaksana Lapangan ARFF Yudha Setia menyampaik­an, kebakaran digolongka­n menjadi beberapa jenis berdasar bahan atau mediumnya. Ada kebakaran pada benda padat seperti kertas, kayu, dan meja. Ada kebakaran kategori kedua, yaitu berjenis cairan, seperti minyak. Selain itu, ada kebakaran kategori elektrik atau listrik dan yang terakhir kebakaran klasifikas­i metal. ’’Semua berpotensi menimbulka­n kebakaran. Makanya, harus hati-hati,’’ jelas Yudha.

 ?? HISYAM/JAWA POS ?? SIGAP: Pegawai PT Angkasa Pura I berlatih memadamkan api.
HISYAM/JAWA POS SIGAP: Pegawai PT Angkasa Pura I berlatih memadamkan api.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia