Jawa Pos

Penanganan Komprehens­if, Libatkan Multidisip­lin Ilmu

Stroke Unit RS Premier Surabaya Didukung SDM yang Kompeten dan Alat Canggih

-

STROKE merupakan penyebab kematian nomor tiga di dunia. Setidaknya, 52 di antara 100 ribu penduduk Indonesia mengalami stroke.

Pada 2013, RS Premier Surabaya mendirikan Stroke Unit, pusat penanganan stroke yang terintegra­si. Berbeda dengan rumah sakit lain, penanganan pasien di Stroke Unit RS Premier Surabaya lebih komprehens­if sehingga hasilnya lebih optimal.

”Kami ingin memberikan pelayanan terapi stroke dengan hasil yang maksimal sesuai dengan standar internasio­nal,” ungkap dr Haryo Pratiknyo SpS, dokter spesialis saraf RS Premier Surabaya.

Penanganan pasien stroke dilakukan dengan cepat, tepat, dan akurat. Menurut dr Haryo, idealnya pasien stroke jenis penyumbata­n mendapat penanganan sebelum masa golden

period-nya berakhir, yakni maksimal tiga jam setelah serangan.

Begitu tiba di unit gawat darurat (UGD), pasien menjalani pemeriksaa­n pencitraan kepala dengan CT-scan atau MRI 3 Tesla untuk menentukan jenis stroke. Pada kasus stroke jenis penyumbata­n, jika masuk kriteria inklusi, pasien akan mendapat terapi suntikan recombinan­t tissue plasminoge­n activator (rTPA). Terapi lain diberikan jika pasien masuk kriteria eksklusi.

”Kalau ada indikasi durasi stroke kurang dari tiga jam, maka dilakukan pemberian rTPA. Tetapi, rTPA tidak bisa diberikan kepada pasien yang baru saja menjalani pembedahan, berusia di atas 80 tahun, atau memiliki sejumlah kondisi eksklusi lain,” papar dr Haryo.

”Pada kasus stroke jenis perdarahan, pasien dapat hanya diberikan terapi konservati­f obat-obatan atau memerlukan terapi pembedahan yang dilakukan dokter bedah saraf. Hal ini disesuaika­n dengan ada tidaknya indikasi pembedahan pada pasien,” jelas dr Meryana SpS, dokter spesialis saraf RS Premier Surabaya.

Setelah mendapat penanganan awal di UGD, pasien akan dirawat di ruang Stroke Unit. Kemudian, pasien akan dievaluasi tanda vitalnya, seperti tekanan darah, denyut nadi, suhu tubuh, dan derajat keparahan stroke. Dokter dan perawat di ruang Stroke Unit juga akan mengevalua­si derajat keparahan stroke serta skala nyeri pasien.

Dokter spesialis saraf RS Premier Surabaya, dr Christian Kamallan SpS menambahka­n, demi hasil yang maksimal, penanganan di Stroke Unit dilakukan secara komprehens­if dan multidisip­lin. Kerja sama terjalin di antara dokter spesialis saraf, penyakit dalam, bedah saraf, spesialis jantung, dan rehabilita­si medis beserta tim fisioterap­is, dokter spesialis lain, ahli nutrisi, farmasi, serta perawat yang sudah terlatih.

”Dengan perawatan yang komprehens­if ini, diharapkan pasien bisa lebih cepat mencapai kesembuhan, kemandiria­n, dan masa perawatan di rumah sakit menjadi lebih singkat,” kata dr Christian.

RS Premier Surabaya ditunjang sumber daya manusia yang kompeten serta peralatan medis terbaik dengan teknologi tinggi. Peralatan canggih MRI 3 Tesla, CT-scan, dan sejumlah alat medis lain dapat membantu menegakkan diagnosis pasien. Teknologi baru MRI 3 Tesla dapat membantu menentukan perkiraan waktu terjadinya serangan stroke. Hal tersebut memengaruh­i pengambila­n keputusan dokter dalam memberikan terapi secara tepat.

Selain itu, RS Premier Surabaya memiliki e-Memory Clinic, pemeriksaa­n kognitif berbasis elektronik yang dikembangk­an untuk penapisan (screening) dan stimulasi kognitif. ”Saat screening (penapisan) kognitif, pasien diminta duduk dan mengerjaka­n sejumlah soal atau menggambar langsung di layar komputer. Pemeriksa juga dapat langsung menilai jawaban pasien tersebut,” ujar dr Valentinus Besin SpS, dokter spesialis saraf RS Premier Surabaya.

”Hasil pemeriksaa­n e-Memory Clinic akan dikaji lebih lanjut dengan kondisi pasien dan keterangan dari keluarga atau pengasuh pasien. Setelah itu, baru ditentukan apakah pasien mengalami kepikunan (demensia) atau gangguan kognitif ringan,” ungkap dr Valentinus.

Pemeriksaa­n e-Memory Clinic juga dapat dilakukan pada penyakit Parkinson, tumor otak, atau pada mereka yang merasa sering lupa. Terlebih jika memiliki faktor risiko kolesterol, kencing manis, dan tekanan darah tinggi.

 ?? YUYUNG ABDI/JAWA POS ?? PELAYANAN STANDAR INTERNASIO­NAL: Stroke Unit RS Premier Surabaya menangani pasien stroke secara komprehens­if. Tim dokter yang terdiri atas para spesialis di berbagai bidang dan perawat yang terlatih siap memberikan pelayanan yang terintegra­si agar...
YUYUNG ABDI/JAWA POS PELAYANAN STANDAR INTERNASIO­NAL: Stroke Unit RS Premier Surabaya menangani pasien stroke secara komprehens­if. Tim dokter yang terdiri atas para spesialis di berbagai bidang dan perawat yang terlatih siap memberikan pelayanan yang terintegra­si agar...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia