Jawa Pos

Bangun Dua Pasar Baru

Juga Remajakan Tiga Pasar Lama

-

SURABAYA – Pasar menjadi salah satu program prioritas pemkot tahun ini. Dua pasar baru sedang dibangun. Tiga pasar lainnya diremajaka­n. Salah satunya dilakukan untuk menampung pedagang barang bekas.

Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP CKTR) kini tengah membangun Pasar Kapasari dan Pasar Kutisari. Rencananya, Pasar Kapasari digunakan untuk barang-barang bekas. Sedangkan Pasar Kutisari bakal digunakan untuk menampung pedagang kebutuhan pokok.

Kabid Bangunan DPRKP CKTR Iman Kristian menyatakan, pembanguna­n pasar dilakukan secara bertahap. Total stan yang dibangun di Pasar Kapasari mencapai 210 unit. ”Tetapi, yang terbangun tahun ini masih 60 stan. Sisanya dilanjutka­n tahun depan,” jelasnya Sabtu (28/7).

Untuk Pasar Kutisari, stan dibagi dalam dua jenis. Yakni, stan basah dan stan kering. Stan basah bisa digunakan untuk pedagang yang menjual bahanbahan pokok makanan seperti sayur dan daging. Sementara itu, stan kering rencananya dimanfaatk­an untuk produk-produk siap konsumsi seperti produk dari UMKM. Total stan yang tersedia mencapai 102 unit. Sebanyak 54 di antaranya adalah stan kering dan sisanya stan basah.

Selain itu, dinas fokus pada peremajaan beberapa pasar eksisting. Di antaranya, Pasar Nambangan, Gununganya­r, dan Penjaringa­n Sari. Penyempurn­aan tersebut sejatinya berjalan sejak 2017 dan ditargetka­n selesai tahun ini. Peremajaan yang dilakukan pemkot di antaranya adalah penambahan kios di Pasar Nambangan.

”Untuk Gununganya­r, ada repair (perbaikan) plumbing air hujan sama paving,” lanjut Iman. Pemasangan paving juga dilakukan di halaman Pasar Penjaringa­n Sari.

Pasar-pasar tersebut akan menjadi kewenangan dinas koperasi dan UMKM (dinkop). Para pedagang yang hendak menempati stan itu bakal didata lebih dulu oleh dinkop.

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? HARUS PINDAH: Pedagang menggelar daganganny­a di trotoar kawasan Jalan Gembong–Kapasari. Pemkot menyiapkan fasilitas untuk 110 pedagang di dua pasar yang segera dibangun.
DITE SURENDRA/JAWA POS HARUS PINDAH: Pedagang menggelar daganganny­a di trotoar kawasan Jalan Gembong–Kapasari. Pemkot menyiapkan fasilitas untuk 110 pedagang di dua pasar yang segera dibangun.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia