Jawa Pos

Gambar dan Judul yang Menipu

-

ANDA termasuk penggemar Nissa Sabyan? Kalau iya, please jangan seperti netizen yang satu ini. Dia berkeberat­an dengan tulisan tentang Nissa di sebuah blog. Netizen tersebut mengira tulisan itu berasal dari CNN Indonesia.

Netizen tersebut adalah pemilik akun Facebook Abdul Aziz (facebook.com/azizslalun­urut).

Kemarin dia menyebarka­n sebuah link dari beritabola­1. blogspot.com. Aziz, rupanya, tertipu karena menyangka blog itu sebagai portal berita CNN Indonesia. ’’Media CNN mulai menebarkan aib Gan gmn ni,’’

tulis Abdul Aziz di sebuah grup Facebook yang isinya banyak menyerang pemerintah.

Aziz jelas tertipu mungkin lantaran melihat preview judul tulisan dari link blog berita bola1. Ketika dibagikan di media sosial, judul tulisan tentang Nissa Sabyan dari blog tersebut tertulis sebagai berikut. ’’Yakin Masih Mengidolak­an Nissa Sabyan? Setelah Tahu Kebiasaan Buruknya yang Satu Ini!| CNN Indonesia’.’

Mengapa hal itu bisa terjadi? Sebab, blog tersebut menyematka­n kata-kata CNN Indonesia dalam fungsi header mereka. Jadi, dalam tulisan apa pun yang mereka buat, lalu dibagikan ke media sosial, kata-kata ’’CNN Indonesia’’ akan ikut keluar.

Blog itu juga menggunaka­n foto yang bisa menimbulka­n salah persepsi pada tulisan tentang Nissa Sabyan. Foto yang dipakai adalah kolase foto. Ada dua foto yang dipasang. Di sisi kiri, terdapat foto Nissa Sabyan. Di sisi kanan, terlihat foto dua anak Anang Hermansyah, Azriel dan Aurel. Kebetulan, foto Aurel sedang mengenakan pakaian seksi.

Mereka yang kurang mengenal Nissa Sabyan bisa jadi mengira foto Aurel tersebut adalah Nissa Sabyan. Apalagi, judul tulisan tentang Nissa yang dibuat blog berita bola1 sangat clickbait. Terselip kata-kata ’’Kebiasaan Buruknya’.’

Saat diklik, tulisan di tentang Nissa Sabyan itu tak ubahnya berita-berita infotainme­nt di kebanyakan portal. Yakni, uji kekompakan dan tantangan personel Sabyan Gambus versus keluarga Anang Hermansyah. Kebanyakan portal membuat beritanya dari tayangan video blog (vlog) di YouTube channel Nissa Sabyan.

Kebiasaan buruk yang dimaksud blog berita bola1 tersebut hanya tentang Nissa yang suka buang angin. Itulah yang terungkap dari tantangan Aurel Hermansyah kepada Sabyan Gambus. Ketika itu Aurel bertanya, ’’Siapa di antara anggota personel gambus itu yang suka kentut?’.’ Ternyata para personel gambus itu menjawab Nissa-lah yang sering kentut. Oalah, ada-ada saja. Terhasut kok sama urusan kentut.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia