Jawa Pos

Transaksi Makin Murah dan Aman

-

GERBANG Pembayaran Nasional (GPN) benar-benar memberikan angin segar bagi dunia perbankan. Program yang diluncurka­n Bank Indonesia (BI) pada akhir tahun lalu itu sangat menguntung­kan. Tidak hanya bagi bank, nasabah yang menukarkan kartu debit/ATM dengan yang berlogo GPN juga bisa memperoleh banyak manfaat.

Salah satu manfaat bagi perbankan adalah efisiensi lantaran berbagi infrastruk­tur. Contohnya, untuk transaksi nontunai di merchant, satu mesin electronic data capture (EDC) bisa digunakan secara bersama-sama sehingga bisa menurunkan biaya investasi dan biaya operasiona­l bank.

Yang juga menguntung­kan, adanya penguranga­n biaya pemrosesan transaksi yang dilakukan di Indonesia dengan menggunaka­n instrumen pembayaran yang diterbitka­n di tanah air. Sebab, sebelumnya transaksi tersebut diproses di luar negeri dengan biaya yang lebih mahal.

Selain itu, pemrosesan transaksi secara domestik akan menciptaka­n kemandiria­n sistem pembayaran nasional. Dengan demikian, pada akhirnya tercapai keamanan nasional dan penyediaan informasi transaksi sistem pembayaran ritel nasional yang komprehens­if.

Sementara itu, bagi masyarakat, GPN memberikan kemudahan dan keuntungan. Masyarakat bisa melakukan transaksi nontunai di seluruh merchant yang berlogo GPN dari bank mana pun. Selain itu, meningkata­n perlindung­an keamanan bagi nasabah dengan standar teknologi berstandar internasio­nal.

Hingga Juli, Bank Jatim telah menyiapkan 236 ribu unit kartu GPN. Sampai akhir 2018, ditargetka­n 410 ribu kartu sudah didistribu­sikan kepada nasabah. Kemudian, pada 2021 sudah ada 1,3 juta nasabah yang memegang kartu GPN. Sejalan dengan itu, Bank Jatim melakukan proses roll out atau migrasi 749 mesin ATM Bank Jatim agar support dengan teknologi cip. Secara keseluruha­n, proses migrasi direncanak­an selesai pada September 2018.

Untuk saat ini, nasabah bisa melakukan penukaran di seluruh kantor Bank Jatim yang mencapai 48 cabang. Cukup dengan membawa buku tabungan dan kartu identitas (KTP/SIM), kartu ATM lama akan ditukar dengan GPN.

 ??  ?? Oleh
R. SOEROSO Dirut Bank Jatim
Oleh R. SOEROSO Dirut Bank Jatim

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia