Jawa Pos

Aturan B20 Segera Rampung

-

JAKARTA – Revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 61 Tahun 2015 tentang Penghimpun­an dan Penggunaan Dana Perkebunan Kelapa Sawit segera selesai pada Agustus. Perpres tersebut mengatur percepatan perluasan penggunaan biodiesel dari minyak nabati sebanyak 20 persen (B20) pada BBM nonsubsidi. Selain sektor transporta­si, perluasan penggunaan B20 diterapkan pada sektor perkeretaa­pian dan pertambang­an.

Menteri Perindustr­ian Airlangga Hartarto mengatakan, percepatan penggunaan B20 tidak bisa ditunda lagi. ”Nanti Gaikindo launching (praktik perluasann­ya) 2 Agustus di pameran GIIAS (Gaikindo Indonesia Internatio­nal Auto Show),” ujarnya setelah rapat koordinasi biodiesel di Kementeria­n Koordinato­r Bidang Perekonomi­an kemarin (30/7).

Selain perpres, mandatori B20 diatur dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 12 Tahun 2015. Tahapan kewajiban penggunaan BBM campuran tersebut akan menyentuh berbagai sektor dan naik menjadi 30 persen (B30) pada Januari 2020. Dengan menerapkan B20, negara bisa meng- hemat impor migas hingga USD 5,65 miliar atau setara USD 21 juta per hari. Sebab, B20 menggunaka­n campuran minyak nabati yang merupakan hasil komoditas sawit.

Untuk mendukung kebijakan B20, pemerintah akan memberikan insentif bagi produsen biodiesel yang mau menjual ke sektor non public service obligation (PSO). Pemerintah menargetka­n penggunaan B20 sebanyak 16,2 juta kiloliter (kl) per tahun.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, pihaknya memiliki infrastruk­tur kilang yang sudah memadai untuk produksi B20. Dari 115 tangki milik Pertamina, hanya tiga tangki yang tidak dilakukan blending atau pencampura­n B20. ”Jadi, enggak masalah. Kami siap,” tegasnya.

Direktur Perencanaa­n Korporat PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Syofvi Felienty Roekman menuturkan hal senada. Pihaknya tidak memiliki kendala berarti dalam penggunaan B20 pada pembangkit tenaga listrik. ”Nanti kami siapkan pembangkit yang bisa pakai B20,” ucapnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia