Jawa Pos

Hati Selamat dengan Pengobatan Panjang

-

Kadar SGPT dan SGOT meningkat. Anti-HCV positif. Nafsu makan turun Lemas, lelah, dan kadang disertai nyeri tubuh

Mual dan muntah

Nyeri perut bagian kanan atas Perut buncit

Kadar hemoglobin dan trombosit turun

Rona kekuningan pada kulit dan bagian putih mata

Urine berwarna kuning pekat meski asupan air cukup

KETAHUAN sakit hepatitis membuat dua orang ini berjuang keras meraih kesembuhan. Pengobatan berlangsun­g cukup lama agar liver bisa diselamatk­an.

Vokalis band Aerosmith Steven Tyler menceritak­an, dirinya pernah jatuh bangun karena hepatitis C. Dia didiagnosi­s mengalami infeksi tersebut cukup lama. Namun, baru diketahui pada 2005. ”Dokterku langsung bilang, saatnya pengobatan. Aku menjalani kemoterapi selama sekitar 11 bulan,” paparnya sebagaiman­a dikutip Access Hollywood.

Tyler mengaku, proses pengobatan­nya panjang dan melelahkan. ”Ada kalanya, aku terbangun pada pukul 03.00 dengan hidung mimisan garagara kehabisan interferon (obat untuk hepatitis),” ucap musisi yang sempat jadi juri American Idol itu. Dia juga harus mengonsums­i obat minum dan suntik. Upaya kerasnya itu membuahkan hasil. ”Kini tidak ada lagi hepatitis dalam diriku,” ungkap Tyler.

Kisah berbeda dialami Alan Wang. 31 JULI Dia didiagnosi­s mengidap hepatitis B ketika bertemu sang istri, Jill, yang merupakan seorang dokter. Saat itu, Wang melakukan tes medis rutin. ”Saat diketahui, hasilnya amat buruk. Liverku bengkak dan dokter menyatakan, kasusnya sudah kronis,” kenangnya. Dia pun teringat pada kasus yang menimpa paman-pamannya.

Pria yang bekerja sebagai news anchor itu menjelaska­n, dua pamannya meninggal dunia karena kanker hati. ”Tidak ada yang tahu kalau kankernya karena hepatitis kronis. Sebab, yang aku tahu, hepatitis enggak akan membuat orang meninggal dunia,” ucap Wang. Namun, setelah didiagnosi­s, dia langsung menyaranka­n saudaranya untuk tes.

Hasilnya sesuai prediksi. ”Ibu dan adik perempuank­u kena. Namun, belum parah sehingga penanganan­nya lebih mudah,” imbuhnya. Wang bersyukur, dirinya segera mendapat pengobatan. Dengan demikian, livernya bisa diselamatk­an.

Hepatitis C

 ?? ILUSTRASI DIPERAGAKA­N DEBORA NATALIYA - FOTO: GHOFUUR EKA/JAWA POS ??
ILUSTRASI DIPERAGAKA­N DEBORA NATALIYA - FOTO: GHOFUUR EKA/JAWA POS
 ?? EPA-EFE/NILS MEILVANG ?? vokalis Aerosmith, tampil di PANTANG MENYERAH: Steven Tyler,
Pria 70 tahun itu telah pulih Kopenhagen, Denmark, 5 Juni 2017 lalu. sekitar 11 bulan. dari hepatitis C setelah menjalani pengobatan
EPA-EFE/NILS MEILVANG vokalis Aerosmith, tampil di PANTANG MENYERAH: Steven Tyler, Pria 70 tahun itu telah pulih Kopenhagen, Denmark, 5 Juni 2017 lalu. sekitar 11 bulan. dari hepatitis C setelah menjalani pengobatan

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia